Mahasiswa Belanda Kunjungi Mesuji

Foto: supportmoromoro.com

Bandarlampung, Sayangi.com – Belasan mahasiswa asal Belanda mengunjungi warga Kampung Moro-Moro di Register 45, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, untuk menanam pohon persaudaraan sebagai partisipasi menghijaukan lingkungan.

Divisi Komunikasi Persatuan Petani Moro-Moro Way Serdang (PPMWS), Eko Baday, di Bandarlampung, Sabtu, menjelaskan kedatangan mereka dalam rangka program kebersamaan, sekaligus berusaha melihat dan mendengar langsung kondisi masyarakat Moro-Moro Register 45, Mesuji.

“Mereka berkunjung pada 2-3 Agustus. Acara kunjungan mereka juga diisi dengan acara buka puasa dan sahur bersama, lalu diskusi dan berbagai kegiatan positif lainnya,” tuturnya. Menurut Eko, mereka tidak canggung menginap di rumah warga setempat. Selain itu, beberapa peserta justru sempat ikut ke ladang-ladang masyarakat.

“Selain menginap, para mahasiswa dari Belanda tersebut juga menanam pohon persaudaraaan seperti pohon mahoni, nangka dan jenis lainnya sebagai bagian dari usaha kami untuk menggerakkan kampanye menanam pohon di Moro-Moro,” ujar Eko. Secara terpisah, Christie (22), salah satu peserta, mengaku dirinya sangat senang sekali bisa berkunjung ke Moro-Moro.

“Sebelumnya, saya hanya membaca di buku dan berita-berita mengenai Moro-Moro di internet,” katannya. Lewat kunjungan itu pula, mereka bisa melihat dan mendengar langsung berbagai hal yang terjadi di Moro-Moro.

Menanggapi kunjungan itu, Putu, warga yang rumahnya menjadi salah satu tempat menginap mahasiswa tersebut, mengaku senang dengan kunjungan mahasiswa Belanda itu. “Senang rasanya, mereka berkenan singgah di Moro-Moro dan menginap di rumah saya”, kata Putu. Belakangan, Moro-Moro memang acapkali dikunjungi untuk berbagai keperluan penelitian.

Pada September mendatang, Moro-Moro juga akan kembali dikunjungi mahasiswa dari Belanda untuk keperluan penulisan disertasi. (MSR/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN