Jalur Pantura Mulai Dijejali Pemudik

Foto : Antara

Karawang, Sayangi.com – Kendaraan pemudik mulai melonjak. Arus lalu lintas di sekitar simpang Jomin menuju jalur Pantura Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kepadatan pada Sabtu sore hingga malam.

Kasatlantas Polres Karawang AKP M. Rano Hadiyanto mengatakan, dibandingkan beberapa hari sebelumnya, kendaraan pemudik yang melintas menuju Jalur Pantura pada H-5 Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah kali ini melonjak.

Kepadatan kendaraan di simpang Jomin terjadi akibat penyempitan jalan dan terdapat pertemuan arus dari arah jalan arteri Karawang dan arus dari jalan By Pass Jomin.

“Rekayasa lalu lintas seringkali kita lakukan untuk mengatasi kepadatan di simpang Jomin,” katanya, saat dihubungi, di Karawang, Sabtu 93/8).

Dikatakannya, rekayasa lalu lintas dilakukan dengan melakukan buka-tutup di pertigaan Mutiara. Menutup jalur ke simpang Jomin yang melintasi jalan By Pass Jomin dan mengalihkan ke bawah jembatan layang pasar Cikampek untuk ke simpang Jomin, melintasi jalan Jenderal Sudirman.

Rekayasa lainnya dilakukan dengan mengalihkan kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Dawuan menuju simpang Jomin, diputar arah ke Bundaran Depo Pertamina Dawuan.

Selain itu, juga dilakukan pengalihan arus di perempatan gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta oleh jajaran Polres Purwakarta. Kendaraan yang menuju jalur Pantura dialihkan ke jalur tengah melewati Sadang-Subang.

Pantauan Antara, menjelang malam kendaraan yang melintas menuju jalur Pantura semakin banyak, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. (MARD/Ant)