Jelang Lebaran, Konsumen Padati Pusat Perbelanjaan di Jayapura

Foto: Indonesia.travel

Jayapura, Sayangi.com – Empat hari menjelang (H-4) Idul Fitri 1434 Hijriah/2013 pusat perbelanjaan dan pasar tradisional di Kota Jayapura, Papua, mulai dipadati konsumen untuk membeli kebutuhan Lebaran.

Hasil pemantauan di sejumlah pusat perbelanjaan, seperti mal Saga Abepura, Mega Abepura, Ramayana, Holla Plaza, Mega Waena, Multi Grosis Tanah Hitam, Agro Sejuk dan pasar tradisional Youtefa Abepura di Kota Jayapura, Minggu, menunjukkan kepadatan pengunjung di tempat-tempat tersebut.

Arus lalu lintas jalan mulai terlihat padat dan bisa menimbulkan kemacetan seperti terlihat di Abepura dan sekitaranya. Lahan parkir di Mal Saga dan Mega Abepura serta deretan pertokoan di Abepura nampaknya mulai dipenuhi kendaraan pribadi mulai dari roda dua hingga roda empat.

Para pengunjung yang memadati sejumlah pusat perbelanjaan tersebut untuk membeli kebutuhan Lebaran seperti pakaian, celana, sepatu, sandal, dan lain-lain.

Untuk menarik minat konsumen, di sejumlah pusat perbelanjaan Abepura dan sekitarnya memberlakukan potongan harga atu diskon hingga 70 persen. Seperti di Ramayan Mal Abepura, diskon pakaian jadi hingga 70 persen cukup diminati konsumen, rata-rata dari mereka membeli baju koko dan mukenah. “Saya sengaja ke Ramayana untuk membeli pakaian bagi anak-anak,” kata Ny Muhram, warga Entrop, Kota Jayapura.

Sementara itu, di Pasar Youtefa Abepura tidak kalah ramai, sejumlah los pakaian jadi terutama pakaian muslim mulai dipadati oleh konsumen yang berdatangan dari sekitar Kota Jayapura bahkan dari Arso Kabupaten Keerom.

“Sejak pekan kemarin hingga hari ini pembeli cukup padat, rata-rata membeli pakaian kokoh, mukenah, kopiah dan busana muslim lainnya,” kata Amir, salah seorang penjaga los pakaian di pasar yang sering diterjang banjir saban tahun itu.

Menurut dia, puncak pembeli akan terjadi H-2 dan H-1 jelang Idul Fitri. “Dipastikan para pembeli akan ramai hingga sehari jelang lebaran,” kata pria asal Bugis itu seraya menambahkan jika los-nya juga memberlakukan potongan harga jika konsumen membeli pakaianya lebih dari satu potong. (HST/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN