Empat KPUD di NTT Tetapkan Pemenang Pilkada Hari ini

Ilustrasi: KPU

Kupang, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum di empat kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar rapat pleno, Senin (12/8), terkait dengan pemilihan kepala daerah secara serentak pada 5 Agustus 2013.

“Keempat KPU yang akan menggelar pleno pada hari ini adalah KPU Alor, Rote Ndao, Manggarai Timur, dan Sumba Tengah,” kata Ketua KPU NTT Johanes Depa di Kupang, Senin (12/8).

Komisi Pemilihan Umum Sumba Barat Daya telah melaksanakan pleno pada Sabtu (11/8) dengan hasilnya, pasangan Markus Dairo Talu-Dara Tanggu Kaha (MDT-DT) ditetapkan sebagai bupati dengan wakil bupati terpilih Sumba Barat Daya.

Pasangan MDT-DT meraih suara terbanyak, yakni 81.543 suara atau 47,62 persen dari total suara sah. Pasangan itu unggul atas pasangan dr. Kornelius Kodi Mete-Daud Lende Umbu Moto yang meraih 79.498 suara (46,43 persen) dan Jacob Malo Bulu-John Mila Mesa Geli dengan 10.179 suara (5,94 persen).

Ia mengatakan rapat pleno yang akan digelar empat KPU kabupaten itu hanya merekap hasil yang telah final di tingkat penyelenggara pemilihan di tingkat PPS dan PPK di setiap daerah. “Mekanisme ini sudah standar, kalau sudah berada di tingkat KPU kabupaten, sehingga hasilnya akan sama dengan yang telah direkap penyelenggara di tingkat PPS dan PPK,” katanya.

Oleh karena itu, siapa pasangan yang akan ditetapkan, sesungguhnya setiap calon dan tim pemenang sudah dapat dianalisa hasilnya oleh masyarakat setempat. Misalnya, katanya, di Alor hingga akhir pekan kemarin, tiga di antara sembilan pasangan calon bersaing ketat dalam perolehan suara sementara yang direkap setiap tim pemenang dari formulir C1KWK yang disahkan PPS.

Ketiga pasangan yang dimaksud, adalah Amon Djobo-Imran Duru (Amin) dan Imanuel E. Blegur-Taufik Nampira (Intan), serta Simeon Th. Pally-Nasarudin Kinanggi (Pelangi).

Ia mengatakan ketatnya persaingan antartiga pasangan itu membuat tim pemenangan dari pasangan Amin dan Pelangi, saling klaim telah memenangi pilkada itu dalam satu putaran. “KPU Alor masih harus melewati mekanisme yang telah ditetapkan, hingga akhirnya penetapan pasangan pemenang yang telah ditentukan. Karena itu masyarakat diminta untuk bersabar dan menunggu sehingga tidak bingung,” katanya.

Data perolehan suara sementara dari sejumlah pasangan calon dari empat kabupaten yang dirilis KPU setempat hingga 9 Agustus 2013, yaitu dari Manggarai Timur pasangan Yosep Tote-Agas Andreas (Yoga) mendulang 21.650 suara atau sekitar 54 persen dari total suara sah yang masuk ke KPU setempat sebanyak 39.867 suara (24 persen), disusul Wilibrodus Nurdin Bolong-Tarsisius Sjukur Lupur (Wintas) meraih 13,131 atau 33 persen.

Di Sumba Tengah, pasangan Umbu Sappi Pateduk-Umbu Dondu (Ubud) memperoleh 9.546 suara, urutan kedua Mayor Infanteri (Purn) Danial Ledi Kodi-Umbu Windi (Daud) meraih 2.854 suara, dan Umbu Puda-Frederik Pongu Samalati (Damai) mendapat 3.392 suara. (HST/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN