Bambang Jamin, Kasus Suap PON Tak Mentok Pada Rusli Zainal

Foto: apec2013.or.id

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto membantah jika kasus suap PON akan berhenti hanya pada tersangka dan sekaligus mantan Gubernur Riau Rusli Zainal.

Penyataan ini disampaikan Bambang, terkait banyaknya suara di luar KPK yang menyebutkan, lembaga antikorupsi itu tidak akan berani melangkah lebih jauh lagi dari Rusli Zainal, karena diduga kasus ini melibatkan banyak petinggi partai.

“(Saat ini) Kita fokus pada yang namanya tersangka,” ujar Bambang Widjojanto di Kantor KPK, Senin (12/08). Bambang juga menjelaskan, dalam kasus Rusli Zainal, belum ada tendensi ke arah Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). “Belum ada ekspose dari penyidik, apakah akan mengembangkan penyidikan ini ke TPPU,” jelasnya.

KPK sendiri sudah menahan Rusli sejak 14 Juni 2013 lalu. Namun hingga kini baru Gubernur Riau nonaktif itu yang ditahan sehubungan kasus korupsi duit PON. Ia menjadi tersangka dua kasus sekaligus, yakni dugaan suap Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau dan kasus korupsi kehutanan. (MSR)