Puncak Roraima, Misteri “The Lost World” Venezuela

Aarp.org

Tepui, Venezuela, Sayangi.com – Tak terbayangkan indahnya berdiri di puncak pegunungan ini. Puncaknya berupa dataran raksasa yang dikelilingi sempurna oleh tebing-tebing terjal yang menjulang. Belum lagi dengan gerumul awan yang menyelimuti savana dan dataran bebatuan disekitarnya, membuat keberadaannya begitu eksotis sekaligus dramatis.

Roraima pun menjadi inspirasi bagi penulis novel fiksi yang fenomenal sekelas Sir Arthur Conan Doyle dalam karyanya yang berjudul “The Lost World”. Inilah gambaran dunia yang hilang layaknya negeri antah berantah dari imajinasi sang Novelis. Roraima merupakan puncak tertinggi di pegunungan Parakraima di Amerika Selatan. Berada di puncaknya seperti tak menjejak bumi, seperti hilang disela-sela awan-awan putih.

Puncak Roraima membentang diantara 3 perbatasan negara seperti Brazil, Guyana dan Venezuela. Adalah Maverick Rock, puncak tertinggi Roraima yang berada di Tepui, Venezuela. Pada Desember 1984, untuk pertama kalinya puncak Roraima berhasil didaki oleh dua pria asal Eropa, Everard Im Thurn dan Harry Perkins.  Yang kemudian tersebutlah  Im Thurn, nama salah satu dari keduanya dijadikan sebagai nama dari rute pendakian ke puncak Roraima.

Syahdan, flora-dan fauna yang hidup di sekitar pegunungan ini memiliki jenis ekosistem hutan hujan karena hujan yang konon terus mengguyur kawasan ini sepanjang tahunnya. Spesies langka seperti Rapatela dan Campanula (bellflower) pun tumbuh subur disepanjang puncak setinggi  2.810 mdpl ini.

Tak hanya puncaknya yang memberi sensasi fantastis, The Angel Falls yang disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di dunia itu mambuat UNESCO menganugerahkannya sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Ingin berada di puncak The Lost World ini? Ada baiknya melakukan pendakian di bulan Desember  hingga April, saat musim panas sedang berlangsung di Venezuela. Anda bisa menggunakan rute Im Thurn yang berupa anak tangga di Venezuela. Jika ingin yang lebih ekstrim lagi, anda bisa memanjat sisi tebing untuk meraih puncaknya. (HST)