Audit Hambalang Selesai, Tapi Belum Jelas Kapan Anas Ditahan

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Tak ada jawaban tegas dari Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto, kapan Anas Uraningrum – yang sudah berstatus tersangka – akan ditahan. “Saya hanya ingin mengatakan bahwa prosesnya sedang berjalan,” ujar Bambang.

Ia malah menjelaskan, hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait kasus Hambalang secara teknis sudah selesai, termasuk penghitungan kerugian negara dalam kasus tersebut. “Sudah ada di anggota BPK untuk ditandatangani. Tapi, belum tahu apakah itu sekarang sudah ditandatangani atau belum,” ujarnya di kantor KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (12/8).

Namun sekali lagi, kata Bambang mengklarifikasi, audit Hambalang tersebut tidak ada kaitannya dengan penanganan kasus mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Menurut Bambang, kasus Anas mengenai gratfikasi, jadi tidak berkaitan dengan pengadaan barang.

“Yang pertama, kasusnya Deddy Kusdinar, Teuku Bagus dan Andi itu berkaitan dengan pengadaan barang, (audit BPK), kaitannya ke sana. Kalau kasus Anas adalah gratifikasi, jadi beda. Sekarang sedang didalami gratifikasi itu di dalam Kongres (Partai Demokrat),” tandas Bambang. (MSR)