Disduk DKI Klaim Berhasil Antisipasi Pendatang

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta mengklaim telah berhasil mensosialisasikan program pencegahan urbanisasi ke Jakarta yang biasa terjadi pasca lebaran. Berbagai imbauan sebelumnya sudah dilakukan oleh Pemerintah DKI dari tingkat gubernur hingga pengurus RT/RW.

“Kalau tidak ada kerja, tidak bisa tinggal di Jakarta. Program sudah berlangsung sepanjang bulan dan itu berhasil,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Purba Hutapea, saat dikunjungi wartawan di Balaikota DKI, Senin (12/8).

Selain itu, ungkap Purba, pihaknya telah mengadakan perjanjian dengan pemerintah daerah lain demi menekan angka urbanisasi di Jakarta. Di dalam perjanjiannya itu, yakni mengatur tentang bagaimana pemerintah daerah di Pulau Jawa untuk bertanggung jawab dan sama-sama mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta untuk menekan angka urbanisasi.

“Sudah ada perjanjian se-Pulau Jawa terkait urbanisasi. Karena urbanisasi harus diatasi di daerah asal. Ada kerjasama antar Pemprov dan tidak bosan-bosan mengimbau, daerah asal dari kaum urban itu harus bertanggung jawab,” pungkas Purba. (HST)