Gubernur Diminta Istiqomah Pertahankan Bendera Aceh

Foto: VoA

Banda Aceh, Sayangi.com – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mengingatkan Pemerintah Aceh agar bisa mempertahankan bendera Aceh yang berlambang Bulan Bintang. Pasalnya, bendera tersebut telah disahkan oleh DPR Aceh dan juga telah dimasukkan dalam lembaran daerah.

Peringatan ini disampaikan oleh Anggota DPR Aceh, Fraksi Partai Aceh mengingat belum jelasnya tahap evaluasi oleh pemerintah pusat. Oleh sebab itu, menurut Abdullah Saleh penting untuk tetap istiqomah dalam mempertahankan bendera tersebut.

“Gubernur Aceh harus tetap pendirian terkait bendera Aceh yang masih dievaluasi oleh Menteri Dalam Negeri,” kata Abdullah Saleh, Senin (12/8) pada Sayangi.com di Banda Aceh.

Katanya, bendera dan lambang Aceh tersebut telah dituangkan dalam regulasi lokal yaitu Qanun Nomor 3 tahun 2013 tentang bendera dan lambang Aceh. Apalagi, katanya, qanun tersebut disahkan oleh anggota DPR Aceh secara aklamasi.

Lanjut ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Aceh tersebut, qanun tersebut telah beberapa kali dievaluasi oleh pemerintah pusat sejak 27 Mei 2013 lalu. Presiden juga tidak membatalkan qanun tersebut, sehingga keberadaan qanun tersebut memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

“Penting dipertahankan qanun tersebut mengingat itu wujud dari perjanjian MoU Helsinki yang dituangkan dalam UUPA,” tukasnya.

Abdullah Saleh kembali mengingatkan, bendera Aceh tersebut bukanlah bendera kedaulatan Aceh. Akan tetapi bendera itu hanya sebagai simbol khusus Aceh dan bendera Merah Putih tetap menjadi simbol kedaulatan bangsa Indonesia.

Justru selama ini, kata Abdullah Saleh, yang masih bimbang keberadaan bendera tersebut terletak pada Mendagri. Sedangkan publik sudah dapat menerimanya dan tidak ada yang mempermasalahkan.

Oleh karena itu, Abdullah Saleh meminta kepada Pemerintah Pusat untuk menghentikan polemik bendera tersebut. “Ikhlaskan saja keberadaan bendera Aceh tersebut, agar kita bisa sama-sama kembali memikirkan persoalan yang lebih serius persoalan kesejahteraan,” tutupnya. (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN