Pesona ‘Suku Nias’ di Kepulauan Mentawai

Foto: Caleglendening

Mentawai, Sayangi.com – Terletak di luar pesisir pantai Sumatera Barat, Pulau Siberut di Kepulauan Mentawai menyuguhkan berbagai spot wisata pedalaman yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Selain keindahan alam dan adat budayanya, melihat dari dekat kehidupan suku-suku pedalaman Mentawai merupakan salah satu daya tarik dari pariwisata Pulau Siberut.

Syahdan, Kepulauan Mentawai adalah istana bagi ribuan suku Mentawai yang konon merupakan migran dari wilayah pedalaman Nias, Sumatera Utara, yang hidupnya sangat terisolasi dari modernitas dunia. Kehidupan di Kepulauan Mentawai tak pernah tersentuh dunia luar hingga akhirnya kepulauan tersebut ditemukan oleh Kolonial Belanda pada tahun 1621.

Mencermati dengan seksama gaya hidup mereka yang masih berpegang teguh pada tradisi leluhur tentu akan membuat nuansa perjalanan Anda makin penuh khasanah pengetahuan dan pengalaman serta cerita yang menarik. Saksikan pula uniknya Uma, sebutan bagi rumah-rumah panggung yang mereka tempati. Bahasa, adat dan budaya serta ragam ritual kepercayaan animisme yang mereka anut akan membuat Anda makin jatuh cinta untuk lebih dalam menjelajah.

Siapkan ransel Anda, dan jangan lupa kamera dan lensa-lensa kesayangan Anda. (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN