Ganjar Pranowo Ingin Dilantik Sederhana, Biayanya Rp 500 Juta Saja

Foto: Antara

Semarang, Sayangi.com – Sekretaris DPRD Jawa Tengah Priyo Anggoro mengungkapkan, biaya pelantikan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai pasangan Gubernur Provinsi Jawa Tengah periode 2013-2018 pada 23 Agustus 2013 mendatang hanya menghabiskan dana Rp 500 juta.

“Kami memang menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar, tapi yang akan digunakan untuk pelantikan Gubernur Jateng nanti maksimal Rp 500 juta,” katanya di Semarang, Senin. Ia mengakui, pemotongan biaya pelantikan hingga 50% dari anggaran semula itu merupakan respons dari masukan Ganjar Pranowo yang ingin dilantik secara sederhana.

Menurut dia, secara umum persiapan pelantikan Gubernur Jateng hingga saat ini sudah mendekati final. “Kami telah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait, seperti Polda Jateng, Dishubkominfo Jateng, dan Satuan Polisi Pamong Praja agar prosesi pelantikan Gubernur Jateng dapat berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Tanpa merinci lebih lanjut, Priyo menyebutkan jika pengamanan dan konsumsi menjadi pos terbesar yang menyerap biaya pelantikan gubernur Jateng. Pelaksana Tugas Ketua DPRD Provinsi Jateng Rukma Setyabudi menambahkan, akan ditempatkan beberapa layar lebar di luar gedung dewan agar masyarakat dapat menyaksikan langsung jalannya prosesi pelantikan Gubernur Jateng.

“Selain itu juga akan didirikan panggung dan disediakan berbagai makanan tradisional yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Pokoknya pesta rakyat,” katanya saat ditemui secara terpisah.

Pelantikan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai pasangan gubernur Jateng oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi akan dilaksanakan di Gedung Berlian, kompleks DPRD provinsi setempat dan akan dihadiri oleh 800 tamu undangan dari berbagai kalangan. Prosesi pelantikan gubernur Jateng secara “indoor” itu akan dimulai pukul 08.30 WIB dan diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. (MSR/ANT)