Jacksen Genjot Fisik Pemain

Foto: Antara

Solo, Sayangi.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia Jacksen F. Tiago, telah menggenjot latihan fisik para pemain Timnas sebelum menghadapi pertandingan persahabatan melawan Filipina di Stadion Manahan Solo, Rabu (14/8) mendatang.

“Kami mengutamakan latihan fisik terhadap pemain Timnas, karena mereka kondisi stamina banyak yang menurun sehabis liburan Lebaran,” kata Jacksen F. Tiago, usai latihan di Stadion Manahan Solo, Senin.

Menurut Jacksen F. Tiago, pihaknya harus melihat kondisi fisik pemain sehabis liburan Lebaran ini, sehingga diperlukan latihan peningkatan stamina untuk memulihkan. M Robby dan kawan kawan kemudian baru melangkah ke latihan teknik individu maupun kerja sama tim.

Menurut dia, pemain Timnas yang sudah bergabung di Solo sebanyak 22 pemain, sedangkan satu pemainnya yang belum tinggal Stefano Lilypaly (Almere City). Namun, Stefano telah berangkat dari Belanda menuju ke Indonesia, Senin ini.

“Stefano Lilypaly dijadwalkan bergabung dengan Timnas di Solo, Senin ini. Sehingga, dia diharapkan sudah bisa mengikuti program latihan di Solo, Selasa (13/8),” kata Jacksen.

Ia menjelaskan, pada program latihan pemain Timnas di Solo, Andik Vermiansyah dan kawan kawan terutama stamina bisa kembali pulih untuk berujicoba dengan Timnas Filipina yang memiliki kekuatan hampir sama dengan Indonesia.

“Kami berharap dengan pertandingan uji coba melawan Filipina ini, Timnas memiliki agresifitas dalam menyerang lawan meningkat,” katanya.

Jacksen menjelaskan, Timnas fokusnya bukan dalam pertandingan uji coba melawan Filipina atau klub Arsenal sebelumnya, tetapi melawan Tim China dalam babak kualifikasi grup AFC Cup 2015.

Menurut dia, pihaknya bisa melihat dengan banyaknya pertandingan uji coba tersebut dapat munculnya sebuah tim yang dibangun menjadi kuat.

Menyinggung soal lapangan Stadion Manahan Solo, Jacksen menjelaskan, bahwa kondisi rumput lebih bagus dan Timnas diharapkan dapat leluasa menampilkan permainan baik individu maupun kerja sama tim.

Selain itu, kata Jacksen, Timnas melakukan pertandingan di Kota Solo ini, juga akan mendapat dukungan penonton atau suporter yang sangat besar. Karena, penonton di Solo memiliki antusias tinggi terhadap tim sepak bola yang bukan hanya timnas saja, tetapi juga klub asal lokal.

Sementara pemain Timnas yang bergabung mengikuti latihan di Stadion Manahan Solo, antara lain, Andik Vermiansyah (Persebaya 1927), Greg Nwokolo (Arema Malang), Victor Igbonefo (Arema Malang), M.Robby (Persisam Samarinda), Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang) , Andritany (Persija), I Made Wirawan (Persib Bandung), Dian Agus Prasetyo (Barito Putra), Hasim Kipuw (Arema Malang), Yustinus Pae (Persipura), Ruben Sanadi (Persipura), Slamet Nur Cahyono (Persiba Bantul), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Taufiq (Persebaya 1927), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Vendri Mofu (Semen Padang), Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Titus Bonay (Semen Padang), Patrick Wanggai (Persipura Jayapura) , Ferdinand Sinaga (Persisam Samarinda), dan Abduhrahman (Sriwijaya FC). (RH/ANT)