Kalahkan Kamerun, Gabon Capai Putaran Final

Foto: fifa.com

Johannesburg, Sayangi.com – Jumlah peserta Kejuaraan Negara-negara Afrika (CHAN) 2014 bertambah menjadi 13 negara pada akhir pekan, ketika Gabon mengamankan tempat mereka setelah melalui pertandingan kedua yang mendebarkan.

Gol Samson Mbingui di babak pertama memberi “The Panthers” kemenangan kandang 1-0 atas Kamerun untuk mengimbangi pertandingan pertama di antara keduanya, sehingga skor agregat imbang 1-1.

Gabon kemudian menang adu penalti 6-5 untuk mencapai turnamen CHAN, yang menampilkan pemain-pemain yang berkiprah di Afrika, untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Namun Kamerun masih memiliki harapan untuk dapat lolos, di mana mereka akan berhadapan dengan Republik Demokratik Kongo pada dua pertandingan “play off” untuk memperebutkan satu tempat tambahan.

Meski tidak diperkuat empat pemain bintang dari klub Coton Sport yang memperkuat klubnya di Liga Champions CAF, termasuk pencetak gol di pertanidngan pertama Jacques Haman, Kamerun banyak menguasai bola.

Bagaimanapun, tekanan yang menghasilkan 13 tendangan penjuru itu gagal diterjemahkan menjadi gol-gol bagi “Singa-singa Tak Terkalahkan” di Libreville.

Peluang terbaik dimiliki oleh gelandang Clevic Tambe, yang gagal memaksimalkan kiper Stephane Bitseki yang tidak berada dalam posisi terbaiknya.

Tuan rumah Afrika Selatan lolos otomatis untuk turnamen yang akan berlangsung pada 11 Januari sampai 1 Februari yang dilangsungkan di stadion-stadion Piala Dunia, Bloemfontein, Cape Town, dan Polokwane.

Burkina Faso, Burundi, Congo Brazzaville, Ethiopia, Ghana, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Nigeria, dan Uganda telah mengamankan tempat di putaran final.

Pertandingan putaran kedua, di mana pertandingan putaran pertama antara Zimbabwe dan Zambia di Harare harus ditunda karena para ofisial pertandingan tidak dapat datang, belum dapat dilangsungkan.

Juru bicara Zimbabwe berkata bahwa wasit-wasit asal Kamerun terlambat meninggalkan Yaounde dan tidak dapat menaiki penerbangan sambungan di Nairobi.

Pertandingan itu dijadwalkan ulang untuk dimainkan pada 18 Agustus di mana pertandingan kedua berselang enam hari kemudian dan akan dimainkan di kota Ndola di Zambia.

Mozambik dan Angola bertemu pada 25 Agustus di Maputo dan 31 Agustus di Luanda, pada pertandingan kualifikasi zona selatan lainnya.

Kedua pemenang ditambah pemenang pertandingan Kamerun melawan Republik Demokratik Kongo akan melengkapi susunan 16 tim untuk turnamen Kejuaraan Negara-negara Afrika ketiga ini. (RH/ANT)