Penipu via “Facebook” Berhasil Diringkus Korbannya

Ilustrasi foto: Antara

Semarang, Sayangi.com – Awalnya, Eko Heri Trimurhandani (35), warga di Kabupaten Pekalongan berkenalan dengan Hendi Ardian alias Jerico (28), melalui jejaring sosial “Facebook”.

Menurut Eko, pelaku menjanjikan bisnis di bidang perhotelan tanpa modal. Karena itu, korban yang berprofesi sebagai petugas keamanan di Pulau Bali tersebut tergiur.

Lalu, kata Eko, mereka berhubungan lewat telepon, dan sepakat bertemu di Pekalongan untuk membicarakan tawaran investasi itu.

Di Pekalongan, pelaku sempat mengajak korban berkeliling ke sejumlah hotel  yang diakui sebagai bagian dari program pemasaran.

Saat pertemuan di hotel itu, ternyata pelaku membawa kabur sepeda motor, tiga unit telepon seluler serta sejumlah uang miliknya.

“Katanya mau pinjam sepeda motor, tetapi ternyata tidak kembali lagi,” katanya.

Karena merasa dirugikan Korban lalu melacak pelaku melalui salah satu telepon seluler yang dibawa kabur pelaku.

Setelah melakukan pelacakan selama beberapa hari, Eko pun berhasil melacak keberadaan korban, yang posisi terakhirnya berada di Semarang. Dengan dibantu seorang teman di Semarang dia berhasil menangkap pelaku.

Eko menangkap Jerico saat sedang bersantai di salah satu pusat perbelanjaan di Semarang, pada Senin (12/8).

Korban yang merupakan warga Desa Proto, Kedungwuni, itu kemudian meminta tolong petugas keamanan di pusat perbelanjaan untuk selanjutnya melapor ke Polrestabes Semarang.

Sementara itu, polisi langsung menahan pelaku untuk dimintai keterangan lebih lanjut tentang kasus tersebut.

Saat diperiksa di Sentra Pelayanan Kepolisian, pelaku juga mengaku sebagai mahasiswa Magister Manajemen Universitas Semarang. (VAL/ANT)