Ssst… Ada Patung Misterius di Chilli

Foto: prweb.com

Chilli, Sayangi.com – Patung-patung berjenis monolitis ini disebut sebagai Moai. Keberadaannya tersebar disebuah pulau bernama Easter Island atau Pulau Paskah milik kota Chilli, Amerika Selatan. Letaknya di sebelah selatan Samudera Pasifik. Secara administratif masuk dalam kawasan Provinsi Valparaiso. Setidaknya ada 600 lebih Moai yang menghiasi sepanjang garis pantai di pulau seluas 163,6 kilometer persegi ini.

Konon, usia patung tersebut sudah mencapai lebih dari 400 tahun. Sebagaian besar Moai terbuat dari material batu karang vulkanik lunak yang dipahat. Di kawasan penambangan Rano Raraku nampak masih tersisa ratusan Moai lainnya yang belum sempurna. Anehnya kawasan tersebut nampak seperti ditinggalkan tiba-tiba oleh para penghuninya. Al hasil, moai-moai yang belum sempurna di pahat kemudian di hancurkan kembali oleh penduduk setenmpat.

Moai-moai ini terkenal dengan julukan “Si Penjaga Pulau”. Oleh penduduk suku Rapa Nui yang menghuni pulau tersebut, Moai diyakini mewakili arwah leluhur, sebagai penanda makam, mewakili gambaran tokoh terkemuka, atau bahkan sebagai simbol status keluarga nenek moyang dulu. Tak pernah ada yang tau pasti tentang Moai-moai ini, hanya menurut teori sebagian ahli prasejarah menyebutkan Moai-moai tersebut dipahat oleh orang-orang Polinesia sejak lebih dari ribuan tahun lalu.

Tidak hanya Moai, di dalam Pulau Paskah juga terdapat ribuan Petroghlyp atau gambar yang dipahat dipermukaan batu, serta adapula tulisan misterius yang disebut Rongorongo. Atas keunikannya yang masih misterius tersebut, UNESCO mendaulatnya sebagai Situs Warisan Dunia yang dilindungi dibwah pengelolaan Taman Nasional Rapa Nui. (FIT/berbagai sumber)