294 Aparat Gabungan Amankan Tanah Abang

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Aparat kepolisian menerjunkan 294 personel gabungan dari Polda Metro Jaya dan TNI untuk disiagakan berjaga-jaga di kawasan Pasar Tanah Abang pasca penertiban yang dilakukan sejak hari Minggu (11/8).

“Antisipasi untuk mencegah kembalinya PKL ke jalan, dan para preman di sekitar ruas jalan di kawasan Pasar Tanah Abang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Drs Rikwanto, kepada wartawan Polda Metro Jaya, Selasa (13/8).

Lebih lanjut Rikwanto, di kawasan Pasar Tanah Abang nantinya akan dibangun posko di empat titik lokasi yang dinilai rawan. Posko tersebut berupa tenda Puskotis di samping Gedung Damkar, Blok B, Blok G, dan sekitar Jembatan Tinggi. Sementara untuk parkir, akan dialihkan ke Blok A dan Blok B.

Posko akan berfungsi selama 24 jam penuh. “Untuk saat ini, petugas satpol PP, Polri, dan TNI masih melakukan pembersihan. Masih ada sisa-sisa gerobak dan bekas-bekas lapak pedagang yang belum dibersihkan, dan kami ikut bersihkan,” tutur Rikwanto.

Dalam ksempatan tersebut, Rikwanto kembali menegaskan ancamannya untuk mempidanakan para pedagang bandel yang ingin kembali berjualan di badan jalan pasar. Pertama akan dikenakan pasal dari Perda, sedang pasal yang kedua dari pihak kepolisian bila PKL terbukti merusak dan melawan petugas.

“Kami berharap dengan penjagaan ini, tidak ada lagi pedagang atau preman yang memanfaatkan ruas jalan di kawasan Pasar Tanah Abang. Dalam penjagaan ini juga nantinya akan dibantu oleh petugas patroli dari Polres Jakarta Pusat dan Polsek Tanah Abang,” pungkas Rikwanto. (HST)