Belum Resmi Dirilis, Lagunya Lady Gaga Bocor di Internet

Foto: exclusivemusic.us

Hollywood, Sayangi.com – Entah karena terlalu asyik dengan konsep lagu hingga persiapan promosi atau justru karena lalai sampai akhirnya Lagu Lady Gaga ‘applause’ yang harusnya rilis 19 Agustus mendatang kini sudah beredar di internet. Akibatnya, Lady Gaga mempercepat perilisan single terbarunya, Applause, setelah sejumlah potongan lagunya bocor ke internet.

“Keadaan darurat musik pop sedang berlangsung,” kata Lady Gaga melalui twitter seiring mulai beredarnya single terbaru di iTunes dan YouTube.

Applause (materi terbaru Gaga setelah 2011) awalnya direncanakan rilis 19 Agustus mendatang. Kebocoran karya di internet ini kerap dialami oleh bintang pop seperti Beyonce, Katy Perry dan Jay-Z. Diantara rilis album ternama pada 2013, hanya David Bowie yang berhasil menjaga penggarapan albumnya tetap rahasia.

Perilisan single-nya, Where Are We Now, pada pagi hari ulang tahun ke-66 nya muncul sebagai kejutan bagi fans dan kritikus di seluruh dunia.

Klip berkualitas rendah dari rekaman awal Gaga mulai muncul di internet pada Sabtu (10/08). “Tuhan yang di surga, kenapa?” tweet penyanyi berusia 27 tahun itu, sembari menyalahkan pada peretas atas kebocoran itu.

Langkah-langkah penyelamatan albumnya pun dilakukan. Lady Gaga memilih untuk menggerakan penggemarnya dengan meminta mereka untuk melaporkan kebocoran itu pada perusahaan rekamannya. Tetapi pada Minggu malam akhirnya dia menyerah dan merilis lagu itu untuk radio dan toko online.

Rolling Stone menyebutnya kembali ke karya-karya awal Gaga. “Applause adalah tentang disko yang bergoyang dan pesan yang sederhana”. Tapi majalah Spin mengatakan Applause hanya menawarkan sedikit alasan untuk bertepuk tangan, menyebut lagu ini ‘hambar’ dan ‘ketinggalan zaman’.

Lady Gaga akan memberikan penampilan pertamanya di MTV Awards pada tanggal 25 Agustus. Sementara album ketiganya, ARTPOP, akan dirilis pada bulan November. (FIT/bbc)