Jusuf Kalla: Basyuni Netral dan Profesional

Foto: kemenag.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi penunjukan Maftuh Basyuni sebagai Ketua Komite Konvensi Partai Demokrat. Mantan Menteri Agama tersebut dinilai netral dan paham tentang agama.

“Pak Maftuh selama ini dikenal karena dua hal, pertama sebagai diplomat yang jauh dari lingkungan partai dan kedua dia adalah orang yang paham dengan agama. Dia bagus karena sebelumnya tidak terlibat aktif dalam parpol secara langsung sehingga cenderung bersikap netral dan independen,” kata JK di Jakarta, Selasa (13/8).

Selain itu, dia menilai sosok Maftuh adalah seorang yang profesional sehingga akan mampu memimpin Komite Konvensi Partai Demokrat dengan baik. “Dia adalah seorang yang tidak berpartai, sehingga independensinya cenderung lebih bisa terjaga. Setahu saya dia adalah juga seorang yang profesional,” kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia itu.

Namun ada juga yang menanggapi miring terkait kinerja Komite, diantaranya pendiri Maarif Institute, Syafii Maarif. “Saya ragu Komite Konvensi dapat bekerja secara independen karena dikte dari Majelis Tinggi Partai Demokrat sangat kuat,” kata dia.

Senada dengan Syafii, Guru Besar Politik Universitas Indonesia Budiatna menilai konvensi tersebut hanya rekayasa politik dari PD agar bisa menaikkan elektabilitas dan popularitas partai. “Konvensi dapat menjadi salah satu cara partai untuk memperbaiki citra dan elektabilitas partai terutama dengan penunjukan para anggota Komite dari berbagai kalangan,” katanya. (MSR/ANT)