Joko Siswanto: Peluang Alex-Ishak Lebih Besar Dari Kandidat Lain

Foto: Antara

Palembang, Sayangi.com – Peluang pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki (nomor urut 4) lebih besar dari kandidat lain untuk memenangkan pemungutan suara ulang pilkada Sumsel, kata Joko Siswanto, pengamat politik dari Universitas Sriwijaya Joko Siswanto di Palembang, pada Selasa 4 September 2013.

Menurut Joko pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki ini sudah memiliki modal satu juta suara lebih, katanya.

Sedangkan pasangan Herman Deru dan Hj Mahpilinda Boer (3), lanjutnya, baru memiliki modal 700 ribu suara dan bila ingin menang, maka pasangan ini harus kerja keras.

Kendati demikian kedua kandidat ini Herman Deru dan Hj Mahpilinda Boer (3) dan Alex Noerdin dan Ishak Mekki (4) akan bersaing ketat, karena harus mengumpulkan tiga per empat suara rakyat Sumsel.

Ditambahkan olehnya, sedangkan sebagai petahana pasangan nomor 4, lebih banyak peluang, potensi dan diuntungkan sehingga peluang menang akan lebih besar dari pasangan nomor 3.

Dengan demikian maka kemungkinan putaran kedua dalam pilkada Sumsel juga akan semakin kecil, katanya.

Sementara juru bicara DPD Partai Golkar Sumsel, RA Anita Noeringhati mengatakan, tim Golkar dan roda partai sudah berjalan untuk memenangkan pasangan nomor 4 dalam pemungutan suara ulang nanti.

“Jadi, begitu ditetapkan Mahkamah Konstitusi dilakukan pemungutan suara ulang, kita langsung bergerak sampai ke ranting, bahkan ‘door to door’ untuk menggalang dan mensosialisasikan program yang dicapai dalam kepemimpinan Ketua DPD Partai Golkar Sumsel, walaupun bukan dalam kapasitas berkampanye.

Mereka memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Alex sebagai Gubernur Sumsel sudah menunaikan tugasnya sesuai visi dan misi di awal dan mohon doa restunya kembali untuk meneruskan, tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan calon legislatif dari partai Golkar untuk memenangkan pasangan nomor 4, katanya.

Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (11/7) memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di seluruh tempat pemungutan suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

MK juga membatalkan Keputusan KPU Sumatera Selatan tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2013 pada 13 Juni 2013. (VAL/ANT)