Kemenkeu Blokir Anggaran Kementerian & Lembaga Rp17 Triliun

Foto: 123rf.com

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memblokir anggaran Kementerian dan Lembaga (K/L) sebesar Rp17 triliun. Pemblokiran ini dilakukan pada 13 Agustus 2013 lalu.

Pemblokiran anggaran di antaranya dilakukan untuk Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terkait sarana prasarana perguruan tinggi negara. Pasalnya, saat ini pencairan anggaran tersebut harus menunggu persetujuan DPR.

“Sudah ada komunikasi kita tinggal tunggu persetujuan tertulisnya saja,” ujar Plt Direktur Jenderal Anggaran Askolani saat ditemui usai Sidang Paripurna DPR Pembahasan RAPBN 2014, Selasa (20/8/2013).

Dia mengatakan, pemblokiran anggaran tersebut mengalami penurunan dari bulan Juli lalu yang mencapai Rp36 triliun.

“Blokir anggaran Alhamdulilah per 13 Agustus sekitar Rp17 triliun. Yang lalu, Juli Rp36 triliun, sekarang tinggal Rp17 triliun. Ini penurunannya signifikan dari Rp36 triliun jadi Rp17 triliun,” ujarnya.

Askolani menegaskan, saat ini Kemenkeu sedang meminta K/L untuk melengkapi dokumen-dokumen agar anggaran tersebut dapat dicairkan. Hal tersebut untuk memacu penyerapan maksimal hingga akhir tahun mendatang.

“Jadi kami terus kurangi dengan meminta K/L lengkapi dokumennya. Kami terus pacu agar di ujung tahun penyerapan maksimal. Setiap hari harus kita komunikasikan agar mereka revisi dan perbaiki,” tegas dia.

Dia mengakui memang saat ini pencairan anggaran masih memiliki hambatan seperti aturan, dokumen, pengadaan barang dan tanah.

“Kami maunya semaksimal mungkin, enggak mau ditahan-tahan, hambatan itu yang menghadapi K/L,” ujarnya. (MI)