Camat Menteng Siap Bangun Kampung Deret

Foto : Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Dalam waktu dekat ini, kampung deret segera dibangun di Kalipasir, Menteng, Jakarta Pusat. Selain di Kalipasir, kampung deret di Menteng juga akan dibangun di Menteng Jaya, Menteng Tenggulun, dan Menteng Cikini Ampiun.

Demikian ungkap Camat Menteng Bondan Dyah Ekowati. “Kampung deret ini konsepnya sama seperti kampung deret yang sudah dibangun oleh Pemprov DKI. Kampung deret yang dibangun masih baru di Kebun Sirih saja sebagai percontohan,” ucap Bondan Dyah Ekowati, saat dijumpai wartawan di Rumah Dinas Kadubes Brunai, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/8) sore.

Di Kalipasir, lanjut Bondan, sudah mendekati penyelesaian untuk dimulainya pembangunan kampung deret. “Inventarisasi rumah-rumah yang akan dilakukan perbaikan sudah, pelaksanaan pembangunannya secepatnya ya, begitu datanya sudah selesai, semua persyaratannya sudah lengkap, maka dari Dinas Perumahan tentunya akan langsung melakukan proses pembanhunan kampung deret ini,” terang Bondan.

Dalam pembangunan kampung deret ini, lanjut Bondan, ada 264 rumah yang akan direalisasikan ke kampung deret dengan ukuran luas rumah (ruang) maksimal 36 meter. “Bila ada kelebihan tanah pemilik, maka yang akan dibantu luas perbaikan tetap 36 meter, dengan anggaran luas 36 meter ini akan menghabiskan biaya sebesar Rp 54 juta,” papar Bondan.

Sementara saat ditanya terkait kesiapan dan tanggapan warga dengan adanya program pemerintah tentang kampung deret, Bondan menjawab tanggapan warga sekitar sangat positif, karena kawasan itu termasuk kampung yang memang membutuhkan penataan.

“Justru dengan adanya kampung deret ini akan memacu warga yang lain untuk membenahi wilayahnya. Iya, semua sudah ada daftarnya, semua sudah ada datanya bahkan by name dan by Addressnya sudah. Dan alhamdulillah saat ini dengan adanya kerjasama dengan pihak kelurahan, RT, RW, dan tokoh masyarakat setempat, semuanya merespon,” pungkas Bondan. (MARD).