Gubernur Papua: KONI Dukung Papua Tuan Rumah PON 2020

Foto: Antara

Jayapura, Sayangi.com – Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengklaim bahwa sebanyak 18 Koni yang ada di seluruh Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap wilayah tersebut menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

“Saya yakin, jika Papua bakal menjadi tuan rumah PON 2020. Karena sudah 18 Koni memberikan pernyataan dukungan akan hal itu kecuali dari Jawa Tengah,” katanya di Jayapura, Papua, Selasa.

Untuk itu, mantan Bupati Kabupaten Puncak Jaya itu meminta kepada warga masyarakat khususnya kaum pelajar dan mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjadi atlet-atlet yang berprestasi diberbagai bidang olahraga nanti.

“Jadi pelajar dan mahasiswa harus siapkan diri jadi peserta PON nanti,” katanya.

Menurutnya, PON ke-20 pada 2020, Pemerintah Provinsi Papua sudah merancang berbagai hal untuk persiapannya, termasuk membangun sejumlah venue diseluruh Papua terlebih dengan menggandeng perguruan tinggi yang ada di Jayapura dan daerah lainnya di tanah Papua.

“Tahun ini, kita segera mulai membangun venue-nya dengan menggunakan dana APBD dan APBN. Dan dengan adanya pembangun ini, maka pertumbuhan ekonomi di Papua juga akan meningkat,” katanya.

Hal itu, sudah di prediksikan oleh Bank Indonesia yang mana, kata Gubernur Lukas, pertumbuhan ekonomi saat ini mencapai 7 – 8 persen. “Namun, jika PON 20 dilaksanakan di Papua, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat menjadi 13 persen. Dan ini luar biasa,” katanya.

Saat ini saja, lanjut Gubernur Lukas, pihaknya telah banyak mendapat permohonan dari investor untuk membangun sejumlah penginapan atau pun hotel di Papua ketika mereka mendengar akan dilaksanakan PON 2020 di Papua. “Dan saya katakan silahkan anda membangun hotel di Papua,” katanya.

Ketika ditanyakan alasan Pemerintah Provinsi Papua ingin menjadi tuan rumah PON ke-20 pada 2020, Gubernur Lukas mengataka bahwa sudah banyak atlet asal Papua yang berjuang mengharumkan nama Indonesia dalam bidang Olahraga. Sehingga, sudah saatnya jika pemerintah setempat berjuang agar PON ke-20 dilaksanakan Papua.

“Kami sudah cukup banyak memberikan sumbangan atlet untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional dalam cabang olahraga atletik. Untuk itu, sudah saatnya kami menjadi tuan rumah PON ke-20. Ini menyangkut harga diri dan prestise, sehingga ini harus dilaksanakan,” ujarnya. (RH/ANT)