Gita Wiryawan Buka Sinar Dunia Cup di Bandung

Foto: Antara

Bandung, Sayangi.com – Ketua PB PBSI Gita Wiryawan membuka Kejuaraan Bulu tangkis Sinar Dunia Cup 2013 Serie V Bandung yang digelar di GOR Bandung Jalan Jakarta Kota Bandung, Selasa.

Kejuaraan bulu tangkis khusus tunggal putra dan putri tingkat pelajar SD dan SMP se-Jawa Barat itu diikuti oleh 900 peserta yang akan berlangsung 20-24 Agustus 2013.

“Kejuaraan Sidu Cup ini merupakan ikhtiar untuk membangkitkan prestasi dan semangat atlet kelompok umur, tahun ini sudah masuk menjadi kalender kegiatan PBSI,” kata Gita Wiryawan.

Pada seri V di Bandung, Sinar Dunia Cup akan memperebutkan total hadiah Rp100 juta dari total hadiah senilai Rp1 miliar yang digulirkan dalam sepuluh seri di sepuluh kota di Indonesia.

Meski digelar hanya berselang dua minggu setelah Lebaran, namun seri V di Bandung mendapat sambutan dari pebulutangkis usia dini di Jawa Barat.

Hadir pada pembukaan kejuaraan yang telah berlangsung empat tahun di Kota Bandung itu juara dunia bulu tangkis seperti Alan Budi Kusumah, Susi Susanti dan Ricky Subagja yang juga sempat memberikan coaching clinic kepada sejumlah pelatih.

Ia menyebutkan, melalui berbagai kejuaraan di setiap daerah, PBSI mencoba untuk membangkitkan gairah, tidak hanya bagi atlet yang ditempa di klub tapi juga tingkat sekolah di setiap daerah.

“Kami menerapkan strategi pembinaan hingga ke pelosok, termasuk di beberapa seperti di Manado, Papua, Makasar dan daerah lainnya. Talenta dari setiap daerah kami pantau dan mempunyai kesempatan sama untuk masuk Pelatnas,” kata Gita Wiryawan yang juga Menteri Perdagangan RI itu.

Ia menyebutkan, momen untuk membangkitkan prestasi atlet nasional saat ini sangat tepat menyusul sukses mengemas dua gelar juara Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013.

“Kami tidak ingin momen semangat ini terlewatkan, dan harus jadi momentum untuk bangkit dan meraih kembali prestasi. Trendnya terus meningkat dan pembinaan di Pelatnas kami tingkatkan terus,” kata Gita.

Sementara itu Direktur PT Sinar Mas Gandhi Sulistyanto menyebutkan, kejuaraan Sidu Cup itu merupakan ajang untuk memunculkan talenta belia. Setiap juara seri akan mendapat kesempatan berlatih di tingkat nasional.

“Setiap juara di setiap kota akan dipertandingkan pada babak final,” kata Gandhi menambahkan. (RH/ANT)