Rio Siap Tampil di Belgia

Foto: facebook

Semarang, Sayangi.com – Pebalap nasional Rio Haryanto menyatakan kesiapannya tampil pada seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Spa-Francorchamps Belgia, 23-25 Agustus 2013.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan, Rio sudah berangkat dari Indonesia pada 14 Agustus menuju Barcelona dan Valencia, Spanyol, untuk menjalani persiapan di negara tersebut.

“Besok atau Rabu (21/8) Rio Haryanto berangkat ke Belgia untuk persiapan akhir sebelum tampil pada lomba yang sebenarnya mulai Jumat (23/8),” katanya.

Menurut dia, selama berada di Barcelona, Spanyol, Rio menjalani latihan fisik berupa fintens, renang, dan lain sebagainya untuk memperkuat otot-otot kaki, tangan, dan leher.

Kemudian, lanjut dia, dilanjutkan latihan simulator di Valencia, Spanyol (tempat base camp timnya Addax Barwa) dengan memakai sirkuit yang sama dengan sirkuit yang akan dipakai pada lomba seri kedelapan di Belgia.

“Kami sendiri berharap dengan persiapan yang dilakukan Rio sekarang ini bisa menampilkan hasil yang terbaikd di Belgia mendatang,” katanya.

Sampai berakhirnya seri ketujuh di Hongaria beberapa waktu lalu, pebalap berusia 20 tahun ini menempati peringkat ke-19 klasemen sementara dengan total nilai yang dikumpulkan sebanyak 20, sedangkan rekan satu tim Rio di Addax Barwa, jake Rosenzweig menempati peringkat ke-25 dan belum mendapatkan nilai.

Nilai terbesar yang diraih pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut saat tampil pada race kedua seri keenam di Inggris yaitu 12 dan pada race pertama juga di Inggris tersebut mendapat nilai enam, sedangkan pada seri ketiga di Spanyol mendapat nilai dua.

Sementara itu peringkat pertama klasemen sementara ditempati pebalap S Coletti dari tim Rapax dengan total nilai 135 kemudian disusulpebalap F Nasr dari tim Carlin dengan total nilai 129, dan ketiga F Leimer dari tim Racing Engineering dengan total nilai 110.

Kemudian secara tim, peringkat pertama klasemen sementara ditempati tim Carlin dengan total nilai 193 disusul tim Rapax dengan total nilai 153, dan ketiga ditempati tim Russian Time dengan total nilai 143.

Lomba balap mobil GP2Series 2013 yang berlangsung sebanyak 11 seri ini masih menyisakan empat seri, yaitu di Belgia ini (23-25 Agustus) kemudian seri kesembilan di Monza, Italia (6-9 September), seri ke-10 di Singapura (20-22 September), dan seri terakhir atau ke-11 di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab (1-3 November). (RH/ANT)