Wartawan Online Desak Jero Wacik Mundur

Foto : Antara

Jakarta, Sayangi.com – Media online pernah dituding tidak jelas dan surat kaleng. Tidak terima dengan tudingan itu, Ikatan Wartawan Online (IWO) sejak 15 Juli lalu melaporkan Jero Wacik ke Bareskrim Mabes Polri, dengan tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah sebagaimana diatur Pasal 310 dan 311 KUHP.

Tindak lanjut dari laporan itu, Rabu (21/8) besok, Ketua Umum DPP IWO Budi Chandra, Sekjen IWO Witanto yang juga Komisaris PT. Teknologi Media Hijau (TMH) dengan didampingi Tim Pembela Hukum dan Martabat Wartawan Onlie memenuhi panggilan Bareskrim Mabes Polri pukul 11:00 untuk dimintai keterangan dalam membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Kala itu, IWO melaporkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang kini disebut-sebut terkait dalam kasus suap Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas dengan tertangkap tangannya mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. Laporan itu bernomor LP/610/VII/2013/Bareskrim, dengan pelapor Budi Chandra, SH Ketua Umum IWO dan terlapor Jero Wacik Menteri ESDM.

IWO berpandangan, perilaku Jero Wacik terhadap media online sesungguhnya adalah model penistaan yang berbahaya, jika hal itu masih terbersit di benaknya. Maka kami berpandangan sangat wajar jika dalam kinerjanya sebagai Menteri ESDM tersandung masalah layaknya yang dialami Rudi Rubiandini.

Karena bagaimanapun, Jero Wacik yang baru menerima anugerah Bintang Tanda Jasa Bintang Mahaputera Adipradana adalah orang yang paling bertanggung jawab atas pengangkatan Rudi Rubiandini sehingga patut bertanggung-jawab atas perilaku Rudi yang sudah mengoyak kepercayaan publik kepada aparatur negara.

Saran kami, saudara Jero Wacik sebaiknya mengundurkan diri terlebih dahulu sampai kasus Rudi Rubiandini benar-benar tuntas. Hal itu penting dilakukan agar Jero Wacik tidak mudah menghindar dalam proses hukum kasus itu karena dirinya pandai memainkan kata-kata seperti layaknya menista media online Indonesia. (MARD)

Berita Terkait

BAGIKAN