Disdik Lubuklinggau Salurkan Ribuan Anak Putus Sekolah

Ilustrasi foto: Antarayogya

Lubuklinggau, Sumsel, Sayangi.com – Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, akan menyalurkan ribuan anak putus sekolah di wilayah itu ke berbagai sekolah sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Abdullah Matcik di Lubuklinggau, Selasa, mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei Satuan Tugas Pendidikan, anak putus sekolah di kota setempat tercatat 1.215 orang (20/08).

Mereka tersebar di delapan kecamatan di Kota Lubuklinggau.

“Kita dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan ribuan anak putus sekolah itu bersama orang tuanya, untuk mengetahui permasalahan dan kendala apa sebagai penghalang tidak bersekolah,” katanya.

Disdik secepatnya akan menyalurkan anak-anak itu ke berbagai sekolah, baik negeri maupun swasta terdekat sebagai jalan pendidikan alternatif.

Ia mengatakan anak yang tetap tidak mau bersekolah akan disalurkan pada Program Kejar Paket A untuk SD, Paket B tingkat SMP. dan Paket C untuk tingkat SMA.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai sekolah negeri dan swasta untuk penyaluran anak-anak putus sekolah tersebut, sedangkan beberapa sekolah sudah siap menerima mereka sesuai daya tampung masing-masing.

“Dengan program tersebut tidak ada lagi alasan bagi mereka untuk tidak bersekolah karena semua akan dipermudah, apalagi ada program sekolah gratis dan berbagai bantuan untuk siswa miskin, kartu pintar, dan program lainnya,” ujarnya.

Wali Kota Lubuklinggau S.N. Prana Putra Sohe mengatakan pihaknya mulai 2013 memprogramkan pendataan anak putus sekolah di wilayah itu dengan menurunkan tim evaluasi Satgas Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan setempat sudah melaporkan hasil kerja tim tersebut dengan menemukan 1.215 anak putus sekolah di wilayah itu.

“Kami menargetkan pada 2014 tidak ada lagi anak putus sekolah dan menghabiskan pungutan liar di berbagai sekolah, terutama pada penerimaan murid baru,” katanya. (ANT)