Pengamat: Jero Wacik Tinggal Menunggu Waktu

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Peneliti senior Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, mengaku Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasti akan mengungkap keterlibatan Jero Wacik apabila ditemukan alat bukti dalam kasus suap tersebut. Pengungkapan terlibat atau tidaknya Jero Wacik dalam kasus suap tersebut tinggal menunggu waktu.

“Saya kira tinggal menunggu momentum saja. Nanti pada saatnya KPK akan mengungkap keterlibatan Jero Wacik apabila dalam penyidikan KPK menemukan ada dugaan keterlibatan menteri ESDM. Jadi, nama JW disebut Rudi atau tidak, itu tergantung bukti-bukti yang ditemukan penyidik KPK. Jika terbukti ada keterlibatan JW, pasti KPK akan mengungkapkan ke publik,” kata Karyono kepada Sayangi.com, Rabu (21/8).

Saat ditanya kenapa Rudi tidak menyebutkan keterlibatan Jero Wacik, Karyono mengatakan, karena belum saatnya diungkap Rudi. Karenanya, kata dia, harus ditunggu kerja KPK dalam beberapa hari ke depan, sambari mengajak seluruh elemen masyarakat dan media untuk memantau kinerja KPK dalam mengungkap sindikat mafia migas.

“Kita doakan saja agar KPK memiliki keberanian untuk memberantas mafia migas. Jika KPK berhasil mengungkap jaringan mafia migas maka ini merupakan prestasi besar dan bersejarah bagi KPK. Karenanya, kepercayaan publik yang nyaris pupus terhadap penegak hukum akan kembali pulih,” pungkasnya.

Bahkan tak hanya memulihkan kepercayaan publik terhadap penegakan hukum, tetapi, lanjut Karyono, sekaligus menyelamatkan  uang rakyat triliunan rupiah, karena menyelamatkan migas sama dengan menyelematkan perekonomian Indonesia, menegakkan hukum di sektor migas sama dengan mengakkan kedaulatan energi nasional. (HST)