Waah, Hakim-Hakim Agung Amerika Ternyata “Gaptek”

Foto: politico.com

Washington, Sayangi.com – Ini aneh bin ajaib. Baru terungkap, hakim-hakim agung di negeri adidaya, Amerika Serikat, ternyata gagap teknologi alias gaptek. Mereka bahkan tidak menggunakan email, padahal banyak kasus baru terkait teknologi dan pengintaian elektronik.

Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat, Elena Kagan menyatakan, ia dan kolega-koleganya di MA masih menggunakan pena dan kertas dalam berkomunikasi. Elena mengakui, ia dan kolega-koleganya di Mahkamah Agung bukan kelompok yang melek teknologi dan masih berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang sama seperti mereka lakukan sejak ia menjadi juru tulis pada 1987.

Ketika tampil dalam sebuah acara di Providence, Selasa (20/8), Kagan bilang hakim-hakim agung banyak yang belum memahami teknologi seperti Facebook, Twitter, dan surat elektronik (email). “Ini merupakan tantangan bagi kami,” ujar Kagan. Kagan, 53, ditunjuk Presiden AS Barack Obama sebagai Ketua MA pada 2010. Sebelumnya ia bekerja sebagai Jaksa Agung Muda dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Harvard. Ia menjadi hakim Mahkamah Agung termuda yang duduk di lembaga itu.

Ketika ditanya apakah hakim-hakim agung mengirim email satu sama lain, Kagan mengatakan semua masih sama seperti ketika ia menjadi juru tulis mendiang Menteri Kehakiman Thurgood Mashall 30 tahun lalu. Ia menulis memo yang dicetak di kertas kuning gading yang tampaknya seperti berasal dari abad ke-19. Memo itu lalu dikirim ke berbagai bagian di Mahkamah Agung oleh petugas yang disebut “chamber’s aide”.

Kagan menambahkan, sulit memperkirakan kasus-kasus apa yang akan mendominasi pembahasan di Mahkamah Agung di masa depan, tapi ia menduga bakal banyak isu-isu terkait privasi, teknologi baru, dan pengintaian elektronik. “Saya kira, kami harus berpikir keras tentang hal ini,” tutup Kagan. (MSR/VOA)