Aneka Kuliner Thailand yang Eksotik dan Penuh Rempah

Foto: Sayangi.com/Nur Fitriana

Thailand, Sayangi.com – Banyaknya wisatawan  yang datang ke Thailand untuk sekedar mencicipi masakan khas yang cukup menggugah selera. Ciri khas makanan dan masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, asam dan pedas. Ada 5 makanan Thailand yang wajib diburu saat singgah ke negeri gajah putih tersebut.

1. Tom Yum Goong (Sup Seafood Pedas)
Makanan ini menjadi salah satu identitas Thailand karena aromanya yang khas Thailand. Sebuah masakan dengan bumbu yang berani, memadukan campuran serai wangi, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis dan saus ikan. Bentuk sup ini sangat sederhana tetapi memberikan rasa rempah-rempah yang nendang. Udang, cumi dan kakap segar serta jamur memanjakan lidah. Membuat sendok tak berhenti menyuap. Aroma rempah-rempahnya yang khas akan mengingatkan anda tentang parfum eksotis, sementara, rasa asam, gurih dan pedas cukup menggambarkan Thailand dengan indahnya.

2. Gaeng Keow Wan Kai (Kari Ayam Hijau)
Potongan ayam segar dengan tomat hijau, rebung segar dan daun ketumbar yang dimix bersama daun kemangi membuat kari hijau ini sangat istimewa. daun-daunan dan tomat berwarna hijau dihaluskan hingga membentuk pasta hijau kemudian dicampur dengan santan kental dan bumbu-bumbu lainnya membuat sajian istimewa dan sangat thailand ini susah untuk ditinggalkan. Kari ayam hijau bisa ditemukan di hampir semua rumah makan di Thailand. Pas disantap saat makan siang bersama nasi Thailand yang wangi.

3. Som Tum (Salad Pepaya Hijau Pedas)
Berasal dari negara Timur Laut Isaan, hidangan ini sedikit aneh tapi hanya ditemukan di Thailand. Beberapa orang tidak suka saat pertama kali mencicipi karena rasanya yang sangat khas. Salad ini dibuat dari bawang putih, pepaya muda, cabai, kacang hijau dan tomat ceri. Selain itu, untuk melengkapi hidangan salad khas Thailand ini, ada campuran daging kepiting dan udang kering serta kacang tanah. Beberapa orang menyukainya karena memiliki rasa unik namun menyegarkan di mulut. Tapi banyak orang yang hanya mencicipinya satu kali karena rasanya aneh.

4. Kai Med Ma Muang (Ayam dengan Kacang mede)
Yang ini sebenarnya bisa ditemukan juga di Indonesia sebagai makanan peranakan. Hanya yang berbeda, ayam dimasak dengan kacang mede yang sudah dipanggang sehingga menimbulkan aroma manis gurih yang menggiurkan. Selebihnya, bumbu yang digunakan seperti bawang, kecap manis, bawang, cabe, lada, wortel dan jamur nyaris sama dengan yang digunakan di Indonesia. Hidangan ini minim rempah-rempah khas Thailand. Tapi tentu saja tetap punya ciri khas Thailand.

5. Khao Pad (Nasi Goreng)
Nasi goreng. Sepertinya terdengar biasa saja. dicampur dengan telur, bawang dna beberapa remph-rempah dan disajikan dengan irisan jeruk nipis dan potongan mentimun. Hanya saja di Thailand, nasi goreng dicampur dengan aneka seafood mulai dari udang, kepiting hingga cumi-cumi. Yang menarik, orang Thailand gemar mencampurkan makanan gastronomi (makanan tiruan dengan konsep kimia. Red) yang membuat siapapun ingin mencicipi nasi goreng khas Thailand.Tertarik mencicipinya? (FIT)