PKB Tak Khawatir Pilgub Jatim Rentan Kecurangan

Foto: PKB

Sumenep, Sayangi.com –  Ketua DPP PKB, Helmy Faishal Zaini saat kampanye di Sumenep, Madura mengaku tidak terlalu khawatir dengan kemungkinan terjadinya kecurangan pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Jatim) tahun ini. Pasalnya, masing-masing tim sukses telah melakukan pengawasan ketat di lapangan.

“Kami akan melakukan pemantauan dari jaringan yang ada,” kata Helmy dalam pesan elektroniknya, Rabu (21/8).

Berdasarkan pengalaman, sambung dia, Pemilu sekarang sulit untuk melakukan berbagai upaya kecurangan, karena ada sistem mempertahankan mandiri. “Semacam waskat atau pengawasan melekatlah. Semoga saja masyarakat bisa melaksanakan Pemilu dengan jujur dan adil tanpa kecurangan,” harapnya.

Dijelaskan dia, kultur masyarakat Sumenep yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Jadi sudah sepatutnya memilih pasangan nomor urut 4, Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawiredja (Berkah) saat pemungutan suara Pilgub Jawa Timur, 29 Agustus nanti.

“Bu Khofifah memenuhi keduanya. Jadi harusnya menang di sini dan akan disandingkan dengan daerah lain untuk kemenangan di Jawa Timur,” kata Helmy Faishal ketika berada di Sumenep dalam kampanye terbuka pasangan Berkah yang menghadirkan Si Raja Dangdut, Rhoma Irama di GOR A. Yani, Sumenep, Selasa (20/8).

Lanjut Helmy, sekarang ini masyarakat makin melek politik dengan kesadaran politik semakin terbuka yang berimbas pemilih kian rasional. Untuk itu, pihaknya yakin pasangan Berkah bakal menang karena didukung pemilih yang cerdas dan rasional. “Bahkan kami yakin Pilgub Jatim ini akan terlaksana satu putaran, yang akan dimenangkan pasangan Berkah,” terangnya.

Masyarakat Jawa Timur, lanjut menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) itu, juga membutuhkan lahirnya figur pemimpin baru yang cerdas dan mempunyai kepekaan terhadap kondisi masyarakat riil Jawa Timur. “Bu Khofifah ini punya track record yang baik, yang juga asli Jawa Timur. Apalagi Bu Khofifah ini kan satu-satunya calon gubernur Jatim yang perempuan,” tandasnya. (HST)