Makan Kerupuk Melarat Tak Bikin Melarat

Foto: bigredsforum

Cirebon, Sayangi.com – Kata melarat, ternyata tidak hanya disandang sebagian manusia yang kurang beruntung mengais rejeki. Ada penganan khas Cirebon yang terkenal dengan sebutan kerupuk melarat. Bukan kerupuk compang-camping loh, melainkan kerupuk asin biasa yang dimakan sebagai cemilan dengan menggunakan sambal kacang yang gurih pedas.

Di kawasan Plered, Cirebon, ada sederet pedagang yang menjajakan kerupuk melarat. Nama melarat sendiri awalnya hanya merupakan olok-olok dari masyarakat setempat karena kerupuk tersebut tak digoreng dengan menggunakan minyak, melainkan pasir.

Proses memasak kerupuk ini cukup rumit. Dalam penggorengan berisi pasir yang tentu saja telah bersih dan diayak, kerupuk digoreng di atas tungku sebanyak 2 kali pemrosesan. Hal inilah yang menyebabkan kerupuk ini bebas kolestrol dan lemak jenuh.

Kerupuk melarat ini biasanya nikmat dinikmati dengan sambal kacang yang juga khas. Sekali menghirup aroma khas kerupuk pasir dan merasakan kerenyahannya, rasanya sulit untuk menghentikannya.

Kerupuk melarat biasanya dijual para pedagang gado-gado gendongan yang keluar masuk kampung. Tapi jangan disangka karena namanya melarat lantas peminat kerupuk ini hanya golongan menengah kebawah. Kalangan menengah keatas pun menjadi penikmat kerupuk melarat yang harganya naik kelas sejak dijadikan salah satu ikon di kota Cirebon.

Selain dijajakan oleh penjual gado-gado keliling, kerupuk ini biasanya dijajakan juga di toko-toko sepanjang jalan tempat wisata didaerah Cirebon. Kerupuk melarat kini juga mulai diproduksi di rumah-rumah penduduk Blok Kaliandul, Desa Setu Kulon, Plered, Kabupaten Cirebon.

Krupuk ini telah diproduksi secara turun temurun oleh warga desa tersebut. Bahan bakunya juga sangat sederhana, yaitu tepung singkong yang dicampur air dan bumbu-bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dan sedikit gula, juga ditambahkan zat pewarna.

Jadi jika kebetulan anda sedang berkunjung ke daerah Cirebon, tak ada salahnya mencoba kerupuk melarat beserta sambalnya ini. (FIT/berbagai sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN