Jalan Mulus Moeldoko Menuju Kursi Panglima TNI

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pencalonan Moeldoko sebagai Panglima TNI tampaknya bakal berjalan mulus, setelah Komisi I menyatakan, yang bersangkutan bersih dari kasus korupsi dan pelanggaran HAM.

“Kami telah menemui Komnas HAM dan KPK dalam rangka uji kelayakan dan kepatutan Kepala Staf Angkatan Darat Moeldoko untuk menjadi Panglima TNI. Dan kami tidak menemukan laporan mengenai pelanggaran HAM atau rekam jejak kasus korupsi darinya,” kata Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin saat menghadiri uji kelayakan dan kepatutan Moeldoko di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (21/8).

“Rekam jejaknya tidak bermasalah,” tandas Hasanuddin.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan penilaian bagi Moeldoko oleh KPK dan Komnas HAM sepertinya mengarah kepada hal positif. Moeldoko disebut tidak terkait dengan Operasi Sajadah yang menghubung-hubungkan TNI dalam intimidasi Ahmadiyah pada tahun 2011. KSAD Moeldoko saat itu masih berpangkat Mayor Jenderal dan menjadi Panglima Daerah Militer III Siliwangi.

Berita keterlibatan itu mencuat meski dibantah langsung oleh Moeldoko. Namun, Komnas HAM telah melakukan investigasi terhadap operasi itu dan menyatakan tidak ada keterlibatan calon tunggal Panglima TNI itu. Dalam presentasi uji kelayakan dan kepatutan di depan Komisi I DPR RI, dia memaparkan visi misi terhadap TNI yang akan segera dipimpinnya jika mendapat restu DPR.

“Kami ingin membentuk dan membangun militer TNI berkelas dunia,” kata Moeldoko. (MSR/ANT)