Jokowi: Basement Monas Jadi Lokasi Pertahanan

Foto: Sayangi.com/Hurri Rauf

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menyisipkan strategi pertahanan dalam setiap proyek yang ada di Jakarta yang akan dibangunnya. Terkait hal itu, tahun depan di Monas akan dibangun basement pertahanan.

“Jadi basement di Monas seluas 160 hektar itu, fungsinya nanti tidak hanya kita gunakan untuk aktivitas parkir kendaraan dan penjualan souvenir saja. Nanti fungsi pertahanan ada di situ,” kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, saat dijumpai wartawan usai melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin, di Balaikota DKI, Rabu (21/8).

Tidak hanya Monas, Jokowi berjanji pihaknya akan menyisipkan fungsi strategi pertahanan berbagai kawasan lain seperti Marunda, Kemayoran, serta beberapa lokasi lainnya, termasuk kawasan pantai.

“Jadi, kawasan pantai Jakarta disamping digunakan untuk pembangunan, juga nantinya untuk fungsi strategi pertahanan. Umpamanya di Pantai Mutiara, selain digunakan untuk pembangunan juga ada akses keluar masuk tank amfibi,” pungkas Jokowi.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoeddin, mengajak Pemerintah DKI Jakarta bekerja sama  terkait modernisasi peralatan militer di Ibu Kota. Ia meminta kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa memfasilitasi dan mengakomodasi penempatan alutsista di titik strategis dalam suatu tata ruang pertahanan di Jakarta. (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN