Ketua MUI Turun Ke Pesantren Untuk Menangkan Khofifah

Foto: kemenag.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin memberikan dukungan kepada pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawiredja dalam kontes Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013.

Bahkan Kiai Ma’ruf menggelar pertemuan dengan sejumlah kiai, diantaranya KH Mas Yusuf Muhasyim (Surabaya), KH Syukron Syakur (Bangil), KH Syamsul Ma Arif (Pasuruan), KH Rofi Rohman (Lamongan), KH Mahfud Ma’shum (Gresik), KH Jalmanudin (Jombang), dan KH Nasirudin (Pamekasan) di Kantor DPW PKB Jatim, Surabaya, Selasa (20/8) malam.

“Kehadiran Kiai Ma’ruf ini akan mengurangi isu yang dikembangkan sebagian orang bahwa perempuan tak bisa menjadi pemimpin. Semua keraguan itu terjawab karena sudah ada Ketua MUI yang mendukung,” kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Muhaimin, Kiai Ma’ruf merupakan ulama yang menguasai syariah atau hukum Islam dan saat ini banyak terlibat dengan perekonomian syariah, khususnya perbankan, karena kepakarannya tersebut. Muhaimin menilai langkah Kiai Ma’ruf dalam mendukung pasangan Khofifah-Herman juga sangat konkret. Arahan ketua dewan syuro PKB pertama itu didengarkan anggota forum kiai, termasuk oleh para kiai kawasan tapal kuda seperti Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi.

Menurut Muhaimin, hanya Khofifah yang mampu melawan calon petahana, yakni pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Karena itu, PKB mengusung ketua umum Muslimat NU tersebut. “Sudah dicari seantero Indonesia siapa yang berani dan sanggup melawan si Kumis (petahana), ternyata hanya Khofifah,” katanya.

Karena itu, Muhaimin merasa bersyukur bahwa Kiai Ma’ruf bersedia bergabung memperjuangkan kemenangan Khofifah sekaligus memperjuangkan ahlussunnah wal jamaah. “Sekali saja NU memimpin Jatim, saya optimis akan jauh lebih baik,” kata Muhaimin yang juga Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Herman (BerKaH) Jazilul Fawaid mengatakan sisa waktu kampanye hingga 25 Agustus mendatang akan dimaksimalkan di semua zona. “Selain memaksimalkan di setiap kegiatan rutin Muslimat dan Fatayat, KH Ma’ruf Amin akan turun ke pondok pesantren-pondok pesantren mengajak untuk memilih BerkaH,” katanya. (MSR/ANT)