Trafigura Menangkan Tender Minyak SKK Migas

Foto : Reuters

Jakarta, Sayangi.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menetapkan Trafigura sebagai pemenang tender penjual minyak mentah jenis kondensat dari Lapangan Senipah, Kalimantan Timur.

Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Protokoler SKK Migas Agus Budiyanto dalam siaran per di Jakarta, Rabu malam, mengatakan, Trafigura memenangi tender karena menawar paling tinggi yakni 2,3 dolar AS di atas formula harga minyak mentah Indonesia (ICP) jenis kondensat Senipah.

“Trafigura ditetapkan sebagai pemenang hari ini,” katanya.

Tender untuk “lifting” kondensat Senipah bagian negara periode September-Oktober 2013 dengan volume 400-500 ribu barel itu dibuka Senin (19/8).

SKK Migas mengundang seluruh rekanan terdaftar yang berjumlah 35 penjual (trader) minyak pada 13 Agustus 2013.

Namun, pada Jumat (16/8), SKK Migas mengeluarkan Kernel Oil Pte Ltd dari daftar peserta menyusul dugaan keterlibatannya dalam skandal penyuapan mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Pada 19 Agustus 2013, sebanyak tujuh “trader” memasukkan penawaran yang tiga di antaranya tidak dapat memenuhi ketentuan volume maupun periode “lifting” yang dipersyaratkan.

Sedangkan empat penawar lainnya memenuhi semua persyaratan.

Berdasarkan evaluasi, Trafigura menjadi pemenang karena menawar paling tinggi. (Ant)