Ssst… Ada Bungai Teratai di Tengah Padang Gurun

Foto: Amusing Planet

Mongolia, Sayangi.com – Bentuknya mungkin tak terlalu menyerupai lotus atau teratai. Namun filosofi fungsinya yang menyadur simbolik bunga lotus sebagai salah satu bunga yang hidup diatas permukaan air membuatnya menarik untuk disambangi.

Adalah Hotel Lotus Xiangshawan, satu-satunya bangunan hotel yang keberadaannya ditengah padang gurun Xiangshawan, padang pasir Ordos Mongolia, yang merupakan salah satu destinasi menarik di Beijing.

Dilansir dari laman Amusing Planet, padang gurunĀ  Xiangshawan Mongolia terletak sekitar 800 kilometer barat dari kota Beijing. Padang gurun tersebut konon memiliki fenomena alam yang belum terpecahkan. Padang gurun tersebut bahkan menimbulkan suara mesin mobil.

Sedangkan hotel Lotus Xiangshawan ini dibangun dengan tujuan sebagai oasis buatan ditengah pada pasir bagi para pelancong yang berkunjung. Sembari menikmati keindahan Padang Gurun, Wisatawan bisa sekaligus melepas lelah di kamar hotel.

Anda tak perlu berpanas-panas ria untuk menikmati keindahan lansekap bersuhu panas di atas rata-rata itu. Hotel ini didesain khusus untuk memberikan anda kenyamanan lebih di tengah-tengah liburan anda.

Struktur bangunan hotel yang di arsitekturi oleh Arsitektur Cina ini terdiri dari atap tenda putih berbentuk segetiga berhadapan dengan kemiringan 45 derajat. Antara atap tenda satu dengan yang lainnya saling terhubung membentuk formasiĀ  lingkaran seperti rupa bunga lotus.

Sedangkan konstruksi bangunannya sendiri dibuat tanpa batu bata ataupun genteng. Hotel ini bahkan dibangun dengan bahan-bahan ramah lingkungan yang rendah karbon.

Hal tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan sistem pemanfaatan energi sang surya, air dan angin di padang gurun, sehingga dapat meminimalisir pencemaran lingkungan sekaligus memperkuat perlindungan ekologi disekitar padang gurun.

Resort ini memiliki fasilitas utama yang menunjang kebutuhan pelancong, seperti kolam renang, private club, ada cannopy yang membentuk barisan menuju padang gurun dari lobby resort, ada pula jasa yang menawarkan tur keliling padang pasir baik dengan bus ataupun unta. (FIT/amusing planet)