Di Cina, Kencing Tidak Lurus Didenda Rp 170 Ribu

Foto/Ilustrasi: Jokestation.org

Schenzhen, Sayangi.com – Peraturan daerah di Negeri China yang satu ini memang terkesan mengada-ngada. Namun faktanya menyebutkan bahwa Pemerintah China memang akan memberlakukan peraturan tersebut mulai bulan September 2013 mendatang.

Diberitakan oleh Huffingtonpost dua hari lalu, Pemerintah Schenzhen, China telah merumuskan aturan baru terkait buang air kecil, yaitu denda bagi warga yang kencing tak lurus. Kencing tak lurus yang dimaksud disini adalah buang air seni diluar mangkuk toilet. Aturan ini dirumuskan semata-mata untuk menjaga kebersihan toilet umum di Cina.

“Penggunaan toilet umum secara tidak lurus atau tidak benar akan dikenakan sangsi atau denda sebesar 100 Yuan atau sekitar 170.000 rupiah oleh otoritas daerah” ungkap salah satu staff pemerintahan di Schenzhen.

Tak pelak, rancangan peraturan daerah yang baru kali ini menuai kontroversi di beberapa jaringan sosial masyarakat di Cina. Terkait bagaimana peraturan ini akan diterapkan kepada warga. Namun, untuk mengantisipasi hal-hal tersebut Pemerintah Cina sudah siap dengan beberapa sistem seperti pengadaan abdi negara yang akan diposisikan sebagai pengawas toilet.

“Akan ada pengawas yang ditempatkan di toilet-toilet umum untuk memeriksa apakah para pengguna toilet itu buang air kecil dengan benar “ begitu tulisan di beberapa poster di Cina.

Peraturan ketat tersebut juga memicu perdebatan di berbagai kalangan. “lebih baik tidak memiliki aturan daripada memiliki aturan tapi tidak bisa dilaksanakan,” begitu pendapat berbagai kalangan. Bahkan The Beijing Times memuat komentar yang mempertanyakan perlunya Undang-undang tentang sesuatu yang hanya dapat dipandu oleh konsensus sosial.

Namun dalam tanggapan lainnya peraturan ini malah disambut baik, terkait lowongan pekerjaan sebagai pengawas toilet. Nah, buat anda yang memiliki rencana mengunjungi Cina di bulan September nanti harus lebih memperhatikan aturan-aturan yang ada. (FIT/HuffingtonPost)