Berkah Belut Raksasa Desa Waii yang Melegenda

Foto: kaskus

Maluku Tengah, Sayagi.com – Terletak di Desa Waii Kecamatan Tulehu Kabupaten Maluku Tengah, terdapat sebuah kolam bernama Waiselaka. Kolam seluas 1.500 meter persegi ini difungsikan masyarakat sekitar untuk keperluan mandi dan mencuci. Namun, siapa sangka jika kolam yang dijadikan lokasi mandi dan mencuci warga itu dihuni sejumlah belut raksasa yang panjangnya hingga satu setengah meter dengan diameter 10 – 12 cm.

Syahdan, kampung tersebut menjadi istimewa dan mulai diincar wisatawan karena kehadiran belut-belut raksasa itu. Warga sekitar menyebutnya sebagai eel raksasa atau morea. Uniknya, belut-belut raksasa tersebut berinteraksi secara damai dengan manusia alias jinak. Mereka bahkan tak pernah merasa terganggu atau mengganggu aktivitas para penduduk yang sedang mandi ataupun mencuci. Pun tak terganggu dengan busa-busa sabun disekitarnya.

Tak pernah ada yang tahu bagaimana dan sejak kapan morea raksasa ini ada di kolam tersebut. Namun menurut legenda masyarakat sekitar, dahulu ratusan tahun yang lalu ada tombak sakti yang dilemparkan dari Gunung Salahutu. Tombak sakti itu konon jatuh dan menancap di kolam Waiselaka, dan sejak saat itu morea raksasa itu hidup dan berkembang biak disana.

Belut-belut tersebut makan dari sisa-sisa ikan yang dibuang oleh warga. Untuk bermain dengan si belut raksasa ini, anda butuh bantuan sang pawang untuk memanggilnya. Pasalnya, belut raksasa yang biasanya berdiam diri disela-sela lubang kolam ini agak manja dan hanya akan keluar saat di panggil sang pawang, atau saat mereka ingin mencari makan.

Sang pawang akan sigap mengetuk-ngetuk air dengan jemari tangannya, konon itu cara ampuh memanggil si eel raksasa. Wisatawan yang datang kesini biasanya membawa beberap butir telur sebagai hadiah untuk para morea. Telur-telur tersebut dilubangi ujungnya dan dimasukan kedalam kolam. Konon aroma telur tersebut akan memancing para morea keluar dari lubang kolam.

Mitos yang beredar, jika anda bisa melihat morea raksasa ini keluar dari tempat persembunyiannya maka anda akan mendapat serentetan berkah atau keberuntungan. Bukan hanya melihat, anda bahkan bisa bermain dengannya, rasakan sensasi memegang permukaan belut yang sangat licin itu. Membuat petualangan anda makin berkesan pastinya. (FIT/berbagai sumber)