Pemerintah Australia Tangkap 5 Orang Penyelundup Manusia

Foto: rnw.nl

Australia, Sayangi.com – Di Australia terjadi peningkatan jumlah kapal pencari suaka yang tiba di negara itu dalam beberapa bulan terakhir. Polisi Australia menangkap lima orang pria yang terlibat dalam kasus penyelundupan manusia, setelah penyelidikan selama 12 bulan. Tiga orang yang berkebangsaan Afghanistan, satu Iran dan satu Pakistan itu telah dituntut dan akan segera dihadirkan di pengadilan.

Asisten Kepala Polisi Federal Australia Steve Lancaster menyebut kelima orang yang ditangkap sebagai pemain inti di sindikat yang terlibat dalam perencanaan atau memfasilitasi 132 kapal pencari suaka tujuan Australia, kata polisi.

Mereka yang ditangkap menghadapi ancaman hukuman 10 tahun dan denda $ 110.000 (Rp1,1 miliar)

Kapal-kapal itu berangkat dari Indonesia dan mengangkut imigran gelap dari Iran, Afghanistan, Sri Lanka dan Irak. Tujuan mereka adalah Pulau Christmas, wilayah Australia yang paling dekat dengan Indonesia.

Tetapi kapal itu biasanya adalah kapal kayu yang rapuh dan tidak didesain untuk perjalanan panjang atau untuk mengangkut banyak penumpang sehingga kecelakaan pun kerap terjadi.

“Penangkapan ini akan berdampak pada siapa saja yang terlibat dalam sindikat-sindikat ini, tidak ada keraguan lagi, dan kami menjamin akan ada lebih banyak penangkapan lagi,” kata Lancaster. (FIT/BBC)