Odaiba, Pulau Sampah yang Menjelma Jadi Pulau Romantis

Foto: Traveljapanblog

Tokyo, Sayangi.com – Tokyo memang penuh dengan keindahan dan kemodernisasian, kawasan Odaiba merupakan salah satu tolak ukur atas keberhasilan pemerintah membudidayakan sumber daya manusia nya menuju abad ke 21. Odaiba adalah sebuah pulau buatan yang konon memiliki pondasi dari urukan sampah dan campuran tanah. Pulau buatan yang dijuluki pulau paling romantis dan termodern di Jepang ini terletak di distrik Minoto-ku. Tak jauh dari pelabuhan Tokyo.

Kawasan ini dibangun pada zaman rezim Edo di 150 tahun silam, konon dulu pulau ini difungsikan sebagai basis pertahanan dari serangan musuh. Tetapi kemudian seiring berkembangnya zaman, sekitar tahun 80-an kawasan yang dibangun diatas Tokyo Bay ini disempurnakan menjadi kota pelabuhan dan kemudian diperluas menjadi kawasan bisnis dan komersil. Perkantoran, apartemen, hotel, restoran, taman kota, hingga tempat hiburan mulai tumbuh dan menjamur, mengiringi kebutuhan wisatawan yang mulai meningkat.

Kawasan ini cenderung menjadi lokasi duplikat, Rainbow Bridge atau Jembatan Pelangi yang dibangun memiliki ciri khas yang mirip seperti Golden Gate milik negeri Paman Sam. Lagi, patung Liberty juga bisa Anda temukan disini.

Jembatan Pelangi disebut-sebut sebagai penghubung Odaiba dengan daratan Tokyo. Bukan Jepang namanya jika tak mampu menciptakan sesuatau yang terbilang fantastik. Buktinya di sepanjang jalur Jembatan Pelangi ini terdapat fasilitas jalan tol, jalur kereta api, jalan biasa, hingga trotoar bagi pedestrian alias pejalan kaki. Dari kehebatan multifungsi dan arsitekturalnya, Jembatan Pelangi ini kemudian didaulat menjadi simbol landmark bagi Odaiba.

Cobalah berkunjung saat malam tiba, suasana gemerlap lampu di sepanjang jembatan tersebut membuat perasaan tiba-tiba mendadak romantis. Dapatkan pula sensasi “get lost” Anda disekitar gedung-gedung penting yang menjadi pakubumi disini, bila di Jakarta ada gedung atau menara TVRI, maka di Tokyo anda bisa sempat menjelajahi Fuji Terebi alias gedung Fuji TV.

Anda akan dibuat terperangah melihat berbagai program TV Fuji yang sedang berlangsung, dari monitor-monitor TV yang tersedia. Ya, tak seperti kawasan studio pertelevisian di Indonesia yang selalu di jaga ketat disetiap lantai atau bahkan terkadang ada larangan untuk berfoto. Lain di gedung Fuji TV ini, di beberapa lantai yang terbuka untuk umum, Anda bisa berfoto ria dan menikmati kehebatan tekhnologi dari stasiun TV paling tersohor di Jepang.

Toko souvenir hingga pusat perbelanjaan pun nampak menjamur disekitar kawasan gedung Fuji TV. Spot penting lainnya yang kami datangi adalah Pallete Town, disini pusat hiburan kota Odaiba, restauran, mall dengan desainer khusus Italia dan Eropa, Venus Fort, hingga gedung utama milik Toyota yang sering menjadi ajang pameran mobil, Mega Web.

Anda dapat menikmati hamparan kota Tokyo serta lansekap-lansekap sekitar Odaiba dan Tokyo melalui Sun Walk. Jika anda lelah atau menginginkan sensasi relaksasi, cobalah melepaskan penat di Onsen. Yaitu sebuah pemandian air panas terpopuler di Odaiba. Fasilitasnya memberikan kenyamanan tersendiri. (FIT/berbagai sumber)