Yuk Pelajari Fakta dan Mitos Pada Ibu Hamil

Foto/Ilustrasi: clickorlando.com

Jakarta, Sayangi.com – Kehamilan merupakan karunia Tuhan dan menjadi nikmat tersendiri bagi para wanita. Saat hamil, wanita biasanya akan mendengar nasihat dari kerabat, keluarga, sahabat ataupun orang–orang di sekeliling kita. Ada beberapa nasihat yang sebenarnya merupakan mitos yang justru seringkali membuat anda terjebak pada situasi yang membingungkan. Untuk mengetahui secara ilmiah mitos dan fakta, kita simak info berikut ini yuk moms..

Mitos : Saat hamil harus makan dua kali lipat
Fakta : Disaat hamil, ibu harus memperhatikan asupan nutrisi dengan makan seimbang. Tetapi bukan berarti makan dua kali lipat karena mengansumsikan diri anda merepresentasikan 2 orang. Hal itu justru akan membuat tubuh anda semakin berat dan tidak proporsional sehingga akan kesulitan untuk melakukan persalinan.

Mitos : Minum air es membuat janin menjadi besar
Fakta : Bayi besar biasanya berhubungan dengan ibu hamil yang memiliki riwayat kencing manis. Selain itu air dengan atau tanpa es pada dasarnya tidak memiliki nilai gizi atau energi sehingga tidak akan mempengaruhi peningkatan berat badan anda maupun janin. Jadi jangan salah moms, bukan minum es yang dapat menyebabkan bayi anda menjadi besar melainkan minuman manis yang mengandung gula lah yang mempengaruhi kesehatan dan besar kecil janin.

Mitos : Saat hamil tidak boleh makan pisang ambon, nanas dan durian
Fakta : Pada dasarnya anda boleh mengkonsumsi berbagai jenis buah, asalkan tidak berlebihan saja. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik untuk kesehatan bukan?

Mitos : Tidak boleh berhubungan suami istri terlalu sering
Fakta : Jika pada awalnya anda pernah memiliki riwayat keguguran berulang, maka secara otomatis aktivitas yang satu ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati terutama pada masa kehamilan muda.

Mitos : Tidak boleh mengurut perut
Fakta : Kalau mitos yang satu ini benar moms, mengurut perut dengan keras dapat menimbulkan stress pada janin dan serta merta akan mengganggu pertumbuhannya. Selain itu, apabila sudah ada gangguan pada plasenta, dengan mengurut perut akan menimbulkan komplikasi, dimana pelekatan plasenta yang mudah rapuh akan mudah lepas dan luruh serta mengakibatkan pendarahan.

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak lagi berbagai mitos yang terdapat dalam masyarakat kita. Namun satu hal yang harus anda ingat mom, jika anda sedang hamil dan mendapatkan berbagai nasihat jangan lupa untuk mencari dan mendapatkan fakta medis atau bisa dilogikakan secara ilmiah. Jangan langsung mengikutinya saja. Semoga bermanfaat. (FIT/Berbagai Sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN