Rupiah Menguat Menyusul Kenaikan BI Rate

Foto: sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Nilai tukar rupiah terapresiasi terhadap dolar AS pada Kamis (29/8) sore menyusul kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) sebesar 50 basis poin menjadi tujuh persen dinilai positif.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Kamis sore bergerak menguat sebesar 360 poin menjadi Rp10.920 dibanding sebelumnya di posisi Rp11.280 per dolar AS.

“Keputusan Bank Indonesia menaikan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Kamis ini merupakan hal yang tepat dan dibutuhkan untuk dapat mencegah keterpurukan rupiah serta menjaga kestabilan mata uang domestik,” kata pengamat pasar uang PT Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong di Jakarta, Kamis.

Namun, kata dia, kunci utama dan faktor yang penting dari rupiah tetap pada inflasi. Jika inflasi bisa lebih rendah maka tekanan rupiah akan berkurang.

“Pada faktor internal, mengontrol inflasi jauh lebih penting,” kata dia.

Kepala Ekonom Bank Mandiri, Destry Damayanti menambahkan langkah BI menaikan suku bunga acuan seiring dengan harapan dimana pasar menginginkan kebijakan jangka pendek untuk menjaga stabilitas keuangan domestik.

“Langkah BI itu direspon positif, sehingga nilai tukar rupiah menguat,” katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Kamis ini, tercatat mata uang rupiah menguat menjadi Rp10.936 dibanding sebelumnya di posisi Rp10.950 per dolar AS. (VAL)