Irman Gusman: Semua Calon di Konvensi Demokrat Setara

Foto: sayangi.com/Emil

Makassar, Sayangi.com – Calon Peserta Konvensi Partai Demokrat Irman Gusman menganggap semua calon peserta Konvensi Demokrat memiliki kekuatan yang setara untuk bersaing menjadi pemenang.

“Semua calon memiliki kelebihannya masing-masing. Apabila semuanya lolos, itu berarti mereka memiliki kemampuan yang sama karena telah melewati sesi prakonvensi, berupa perkenalan dan pendalaman dari Komite Konvensi,” kata Irman di Makassar, Kamis (29/8/2013).

Ia mengatakan bahwa sosok seperti Dahlan Iskan dan Gita Wirjawan memiliki kelebihannya masing-masing sebagai menteri BUMN serta perdagangan. Belum lagi Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Pramono Edhie, dan calon lainnya.

Termasuk Irman sendiri yang meyakini didukung oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah yang dipimpinnya. Itu belum termasuk masyarakat di daerah yang telah mengetahui sepak terjangnya.

“Semuanya adalah yang terbaik. Para lawan tanding di konvensi setara,” kata Ketua DPD RI tersebut.

Ia memberikan apresasi terhadap pemanggilan dirinya oleh Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik untuk ikut konvensi. Apalagi dirinya merupakan orang pertama yang dihubungi pihak PD untuk berpacu dalam konvensi partai berlambang mercy tersebut.

Irman merupakan salah satu calon peserta dari eksternal PD yang telah ikut sesi prakonvensi.

“Konvensi tersebut memberi saya ruang, terutama untuk memperjuangkan tugas DPD mengelola aspirasi daerah. Melalui konvensi, saya bisa jual gagasan dan ide kepada masyarakat,” kata dia.

Ia lantas mengatakan,”Bagaimana mengelola isu-isu, seperti kesenjangan pembangunan daerah, menjaga kearifan lokal dan otonomi daerah.”

Sementara itu, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak mendatangi Wisma Kodel sebagai tempat perkenalan dan pendalaman calon peserta konvensi.

Artinya, hingga hari terakhir sesi prakonvensi, Kamis (29/8/2013) ini, JK tidak menunjukkan kesediaannya bersaing dalam konvensi.

JK menyatakan tidak ingin keluar dari Partai Golkar lantaran aturan Konvensi Demokrat mensyaratkan pemenang konvensi untuk menjadi kader PD.

Rencananya, komite akan mengumumkan hasil sesi prakonvensi pada hari Jumat (30/8/2013). Panitia pelaksana sebelumnya mengatakan peluang eliminasi calon peserta sangat kecil.

“Peluang eliminasi sangat kecil, kecuali ditemukan mereka itu memiliki masalah krusial, misalnya anti-NKRI,” kata Juru Bicara Komite Konvensi Rully Charis. (MI/Ant)