Ribery Sabet Gelar Pemain Terbaik Eropa

Foto: uefa.com

Monaco, Sayangi.com – Pemain sayap Bayern Munich Franck Ribery, asal Prancis, Kamis meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa musim 2012-2013. Pemain timnas Prancis itu menjadi pemain ketiga yang memenangkan penghargaan tersebut. Dua pemenang sebelumnya adalah duo pemain Barcelona, Lionel Messi (2011) dan Andres Iniesta (2012).

Ribery merebut penghargaan sebagai pemain terbaik itu sekarang ini karena mengungguli perolehan suara bagi Messi dan pemain Real Madrid striker Cristiano Ronaldo, asal Portugal.

Ribery, yang sudah 74 kali membela negaranya sebagai pemain timnas, menjadi roda penggerak yang penting dalam gebrakan Bayern untuk meraih gelar juara “treble” yang bersejarah pada musim yang baru lalu, dengan menjadi juara pada ajang Liga Champions, Liga Utama Jerman (Bundesliga) serta Piala Jerman.

Messi mencetak 69 gol pada musim lalu dan klubnya Barca menjadi juara Liga Utama Spanyol, sementara Ronaldo menyarangkan 59 gol. Sementara, Ribery mencetak 10 gol dalam 27 kali penampilannya pada Bundesliga dimana klubnya Bayern juga menjadi juara Eropa untuk kelima kalinya.

He juga menjadi pengumpan yang baik atas gol yang menentukan kemenangan yang dilesakkan oleh Arjen Robben dalam kemenangan final 2-1 melawan Borussia Dortmund. (RH/ANT)