Keterlaluan, Senior Sekolah Elit Bakar Juniornya dengan Besi Panas

Foto: newstimes.com

Swedia, Sayangi.com – Tindakan perploncoan siswa baru yang dilakukan siswa lama membuat sekolah elite di Swedia ditutup sementara oleh pihak berwenang. Dua siswa baru dibakar dengan menggunakan besi panas oleh siswa senior. Ini dikatakan merupakan tradisi memasuki semester baru.

Insiden itu merupakan yang terbaru dari rangkaian dugaan kekerasan sekolah asrama elite Lundsberg. Kepala sekolahnya kini sudah dipecat dan sekolah akan ditutup selama enam bulan untuk memastikan pihak sekolah bisa menjamin keselamatan para murid.

Lundsbergs yang didirikan tahun 1896 merupakan sekolah asrama yang paling tua di Swedia dan terletak di Storfors, sebuah desa kecil di Swedia tengah.

Muridnya sekitar 200 orang, baik perempuan maupun laki-laki, dengan usia antara 13-18 tahun dan berasal dari keluarga yang berada, termasuk keluarga kerajaan.
Beberapa tamatan Lundsbergs kini menjadi politisi terkenal, maupun pengusaha yang berhasil, dan Pangeran Carl Philip lulus dari sekolah ini pada 1999.

Masa perploncoan yang penuh dengan kekerasan maupun bullying atau gertakan pertama kali muncul menjadi perhatian pada 2011 dan inspektur sekolah mengatakan sudah berulang kali meminta agar pihak sekolah segera mengatasinya.

Dalam laporannya, inspektur sekolah antara lain meyebutkan perilaku yang tidak bisa diterima oleh masyarakat menjadi hal yang biasa di Lundsbergs.

“Hal itu di antaranya peraturan tidak resmi di kalangan siswa, termasuk permainan kekuasaan, kekerasan, dan juga ejekan yang menghina,” katanya. (FIT/BBC)