Masih Misterius, Sebab Terbakarnya VW Combi di Areal Pom Bensin

Ilustrasi foto: mirror.co.uk

Semarang, Sayangi.com – Sebuah mobil VW Combi bernormor polisi B-7402-EN ludes terbakar usai mengisi bahan bakar minyak di SPBU 41-50201 di Jalan Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Dua unit alat pemadam api ringan berukuran besar milik SPBU digunakan untuk memadamkan kobaran si jago merah yang meludeskan mobil tersebut. Menurut petugas SPBU Ahmad Yani, Nur Hakim, kejadian tersebut bermula ketika mobil nahas itu mengisi premium di pompa nomor 3 sekitar pukul 10.00 WIB.

“Mobil itu diisi premium 26 liter dengan kondisi mesin mati,” katanya. Setelah prosedur mengisi BBM selesai, pemilik mobil selanjutnya menghidupkan mesin kendaraannya. Saat distarter terdengar suara ledakan disertai percikan api dari bagian mesin mobil, kata Nur.

Sejumlah petugas SPBU serta pengendara yang sedang mengantre ikut membantu mendorong mobil menjauh dari mesin pompa. Petugas mengambil alat pemadam api yang berada di SPBU untuk memadamkan kobaran si jago merah di bagian mesin kendaraan tersebut.

Karena nyala api tidak padam, akhirnya mobil didorong menuju Jalan Ahmad Yani di depan SPBU untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Api akhirnya menghanguskan mobil yang sudah berada di tepi Jalan Ahmad Yani tersebut.

Sementara itu, External Relation Marketing Operation Pertamina Region IV Jateng-DIY, Reno Fridarianto, mengatakan prosedur pengisian BBM sudah benar. “Pengisian sudah selesai dan telah dilakukan pembayaran,” katanya. Selain itu, lanjut dia, prosedur pemadaman juga sudah dilakukan sesuai dengan standar yang ditentukan. (MST/ANT)