Luar Biasa! Mahasiswi di Aceh Buat Skripsi dalam Tiga Bahasa

Banda Aceh, Sayangi.com – Putri Reiza mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menulis tugas akhir (skripsi) dalam tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.

“Putri Reiza merupakan mahasiswi pertama di IAIN Ar-Raniry dan mungkin di Aceh yang mampu menulis skripsi dalam tiga bahasa,” kata Ketua jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ar-Raniry Jasafat di Banda Aceh, Kamis.

Skripsi tiga bahasa tersebut berjudul Film Komedi Aceh Eumpang Breuh 10 dalam Perspektif Dakwah. Menurutnya, penulisan skripsi dengan menggunakan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia merupakan wujud dari program kelas internasional di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry.

Seusai menghadiri sidang munaqasyah ia juga mengatakan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Ar-Raniry memberi kesempatan bagi mahasiswanya yang memiliki kemampuan untuk menulis skripsinya lebih dari satu bahasa.

Dia menyebutkan, skripsi 3 bahasa ini diajukan judul tentang media dakwah “ Film Komedi Aceh ‘Eumpang Breuh 10’ dalam Perspektif Dakwah- Filum ‘Eumpang Breuh 10’ Fii an Nadzhri ad Da’wati- Aceh Comedy Film ‘Eumpang Breuh 10’ in Da’wa Perspecstive”.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir juga ada mahasiswa di jurusan KPI yang menulis skripsi dalam bahasa inggris yaitu Nella Fitriani, Deasi Susilawati dan Meutia Sari serta Wahyu Rizky menulis tugas akhirnya dalam bahasa Arab. Namun baru Putri Reiza yang menulis skripsi sekaligus dalam tiga bahasa.

Putri Reiza mengatakan ia termotivasi menulis skripsi dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris setelah mempelajari mata kuliah Komunikasi Internasional. “Ini pengalaman penting bagi saya, terima kasih atas bimbingan dari dosen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry,” katanya. Menurut putri kelahiran Kreung Geukueh Kabupaten Aceh Utara 22 Maret 1990 itu, ia menyelesaikan tugas akhirnya dalam tiga bahasa setebal 600 halaman selama enam bulan. (RH/ANT)