Samosir, Eksotika Pulau di Dalam Pulau

Foto: medan.panduanwisata.com

Danau Toba, Sayangi.com – Mengunjungi pulau ditengah lautan mungkin terdengar lumrah, namun bagaimana rasanya menjelajahi pulau didalam pulau atau danau didalam danau? Adalah Pulau Samosir, yang posisinya terletak tengah Danau vulkanikToba, yang mana Danau Toba sendiri terletak didalam Pulau Sumatera.

Pulau dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut ini menjadi perhatian para wisatawan bukan hanya keindahan lansekap danau raksasa, Danau Toba, suasananya yang tenang dan udara bersih dan sejuk menjadi rayuan yang tak sanggup ditolak para wisatawan untuk menikmati waktu disini.

Keunikannya tak hanya terletak dengan sebutan “pulau di dalam pulau” disini juga terdapat danau dengan sebutan “danau didalam danau” Masih terletak di Pulau Samosir, Sidihoni dan Aek Tonang didaulat sebagai danau yang terletak didalam danau.

Tak hanya sekedar menikmati keindahan lansekapnya, anda bahkan bisa menjelajahi sejarah lengkap suku Batak dari pusat informasi pariwisata setempat. Anda juga bisa menengok Patung Si Gale-Gale dan menikmati keindahan dari tarian tradisional Tor-Tor. Adapula gereja hingga makam-makam tua.

Puas dengan sejarah dan budayanya, anda bisa melipir ke Parbabah, sebuah kawasan pantai pasir putih yang terletak ditepi Danau Toba. Dataran landai yang eksotik dengan hamparan pasir putih yang berkilau tertimpa cahaya matahari. Kawasan pantai ini kerap kali dijadikan tempat rekreasi ataupun kegiatan camping oleh para organisasi kepemudaan.

Selain wisata pantai, anda juga dapat mencoba berkunjung ke Pangururan, sebuah pemandian air panas dengan material asli belerang. Kehangatan air belerang asli yang berasal dari pegunungan Pusuk Buhit akan senantiasa memanjakan liburan anda. Pasalnya kawasan pemandian air panas ini sangat ramai sebagai ajang relaksasi tubuh dan menenangkan diri dari penatnya kesibukan sehari-hari.

Nah, penasaran dengan rayuan cantik dan keindahan si Pulau didalam pulau ini? Mari berkunjung kesana! Melipirlah ke kota Medan.Ada beberapa akses untuk sampai ke Danau Toba dan Pulau Samosir. Untuk mencapai Danau Toba anda bisa melalui jalur wisata Prapat di Kabupaten Simalungun, dan menyebrang ke Pulau Samosir dengan akses di Tuktuk Siadong. Dari kota Medananda bisa menggunakan bus umum atau travel bus dengan waktu tempuh 4 – 5 jam perjalanan melewati Lubuk Pakam, Tebing Tinggi dan Pematang Siantar. (FIT/berbagai sumber)