Ini Lho Asupan Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Foto/Ilustrasi: mypreciousbaby.org

Jakarta, Sayangi.com – Memilih makanan yang sehat dengan asupan gizi yang sesuai, sangatlah penting untuk ibu hamil. Hal ini dapat berperan untuk kesehatan ibu maupun si jabang bayi. Ibu hamil hendaknya memperhatikan betul asupan gizi yang baik buat tubuhnya dan terutama yang sangat dibutuhkan oleh janin yang sedang dikandungnya. Kebutuhan tersebut antara lain karbohidrat, protein, ion, asam folat, kalsium dan sederetan vitamin.

Wanita hamil membutuhkan setidaknya 285 kkal tambahan energi per hari dari kebutuhan wanita dewasa yang tidak hamil sebesar 1900 – 2400 kkal / hari. Berikut asupan makanan yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

• Karbohidrat merupakan kebutuhan utama, yang bisa anda dapatkan bisa tepung, beras, gandum, jagung, dll

• Protein merupakan zat gizi untuk pertumbuhan yang banyak terdapat dalam ikan, ayam, daging, telur, kacang – kacangan, tempe dan tahu, kacang kedelai dan juga kacang hijau.

• Lemak merupakan seumber kalori untuk melarutkan vitamin A,D,E dan K. Lemak banyak terdapat dalam minyak goreng, margarine, mentega dan juga bahan makanan hewani atau nabati

• Vitamin
Vitamin A
Untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut, kulit, dan penting untuk mencegah kelainan bawaan. didapatkan dalam kuning telur,susu, keju, mentega, hati juga minyak ikan. Provitamin A dalam daun singkong, kangkung, wortel, tomat.
Vitamin B
Terdiri dari sekelompok vitamin yang dapat menjaga system susunan syaraf agar berfungsi baik dan normal. Ada dalam roti, nasi, susu,daging juga makanan fermentasi seperti tempe dan tahu.
Vitamin C
Pembentuk dan integritas jaringan juga penyerapan zat besi. Terdapat pada sayuran dan buah segar.

• Mineral, merupakan pengatur keseimbangan cairan tubuh, pertumbuhan dan memperkuat jaringan.

• Zat besi, dapat membentuk sel-sel darah merah. Zat besi ini terdapat pada daging, ikan, hati, ayam juga sayuran hijau.

• Kalsium, berguna untuk pertumbuhan tulang, gigi dan penggumpal darah. Kalsium juga berguna untuk fungsi otot dan syaraf yang normal. Susu sapi dan produk-produk olahannya, kaya akan kalsium. Seng dapat mencegah kelainan perkembangan otak, mencegah lambannya pertumbuhan janin. Daging, telur, ayam, hati, seafood, sisi dan kacang-kacangan adalah sumber zat seng.

• Asam Folat, dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah anemia, prosuksi hemoglobin dan pembentukan materi inti sel DNA dan RNA. Dapatkan zat ini pada hati sapi, bayam, brokoli, pisang dan kuning telur.

• Iodium, banyak terdapat pada seafood, rumput laut, dan sebagainya ini. Iodium ini berfungsi untuk susunan syaraf pusat, kaitannya dengan daya pikir juga pendengaran. Kekuarangan iodium, dapat mengakibatkan cacat fisik, mental kemampuan pendengaran yang rendah sampai tuli.

Makanan sehat dan bergizi memang sangat dibutuhkan, namun satu hal yang perlu diingat bagi para ibu hamil, untuk menjaga keseimbangan asupannya. Jangan sampai kelebihan zat tertentu yang nantinya akan membawa dampak yang kurang baik. Cobalah untuk membuat variasai menu agar anda tidak mudah bosan dan asupan yang penting tetap terjaga. Semoga bermanfaat. (FIT/berbagai sumber)