KSSK Paling Bertanggungjawab Cairkan FPJP Century

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan pihak yang bertanggung jawab dalam kasus dugaan korupsi pencairan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) Bank Century senilai Rp. 6,7 T itu berada di Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

“KSSK adalah pihak yang paling berwenang (soal bailout Bank Century),” katanya usai menjalani pemeriksaan di kantor KPK, Jakarta, (29/8/2013).

Darmin mengakui, dalam pemeriksaan kali ini penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditanyakan seputar rapat pembahasan soal Bank Century yang pada waktu itu di antaranya dihadiri oleh Menteri Keuangan sekaligus Ketua KSSK Sri Mulyani, Gubernur BI Boediono dan Sekretaris KSSK Raden Pardede.

“Pada waktu jumlah kebutuhan dan menyelamatkan Century itu meningkat pada rapat tanggal 24 November 2008, itu juga sama (ditanyakan KPK),” jelasnya.

Diketahui, Sebagai Ketua KSSK pada waktu itu Sri Mulyani mengambil keputusan penyelamatan Bank Century pada 21 November 2008 dalam sebuah rapat penentuan di Departemen Keuangan. Rapat berlangsung sejak Kamis malam pukul 23.00 WIB hingga Jumat pagi pukul 06.00 WIB. (VAL)